Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Tapanuli Tengah

SMA Negeri 1 Matauli Pandan Adakan Tes Samapta A dan B Untuk Cek Kesiapan Fisik Siswa

937
×

SMA Negeri 1 Matauli Pandan Adakan Tes Samapta A dan B Untuk Cek Kesiapan Fisik Siswa

Sebarkan artikel ini
SMA Negeri 1 Matauli Pandan saat mengikuti Tes Samapta A dan B Untuk Cek Kesiapan Fisik Siswa. (Batakpost.com/Doc Matauli)
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Pandan, 16/12 (Batakpost.com)- Dalam rangka memelihara kebugaran dan kesiapan fisik siswa-siswi SMA Negeri 1 Matauli Pandan Angkatan XXVII-XXIX kelas X-XII Tahun Pelajaran 2022/2023, dilaksnakan tes Kesamaptaan Jasmani A dan B.

Tes Kesamaptaan ini dilangsungkan di Kampus SMA Matauli Pandan yang bekerja sama dengan Satuan Radar 234/Sibolga mulai dari tanggal 16-20 Desember 2022.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Menurut Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Matauli Deden Rachmawan, S.Pd, MM dalam rilis beritanya, Jumat (16/12/2022) menyebutkan, kegiatan Samapta itu dilaksanakan secara periodik yaitu dua kali dalam setahun. Hal ini untuk menjaga kebugaran dan kondisi fisik siswa itu sendiri, dan juga sebagai upaya untuk menjaga kesadaran siswa bahwa kebugaran jasmani menjadi prioritas utama dalam meraih prestasi.

Selain dari pada itu, tujuan Tes Samapta adalah untuk mengetahui serta memelihara tingkat kemampuan fisik bagi siswa SMA Negeri 1 Matauli Pandan untuk tetap dalam kondisi fisik yang prima tanpa mengabaikan keselamatan.

Sebelum pelaksanaan Tes Samapta kata Deden, terlebih dahulu diadakan pengecekan awal kesehatan siswa oleh Tim Medis SMA Nageri 1 Matauli Pandan dengan mencek tensi, denyut nadi, dan kesehatan umum. Hal ini dilaksanakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan bagi siswa yang tidak dalam kondisi sehat, maka tidak diperkenankan mengikuti tes tersebut.

Sebelum lari dengan jarak 2,4 KM, para siswa juga terlebih mengikuti  pemanasan dan peregangan otot yang dipimpin oleh Tim Jas Satradar TNI AU supaya tidak terjadi cidera pada saat melaksanakan Tes Samapta.

Adapun Tes Kesamaptaan Jasmani bagi siswa SMA Negeri 1 Matauli Pandan ini terdiri dari Tes Samapta A berupa Aerobik Lari dengan jarak 2.4 KM, dan Samapta B berupa Pull Up, Sit Up, Push Up, dan Shuttle Run. (ril)