SMA Matauli Seleksi Siswa Baru Jalur Siswa Berbakat Istimewa Asal Tapteng

Tapanuli Tengah16 Dilihat

Pandan, 21/11 (Batakpost.com)- SMAN 1 Matauli Pandan melaksanakan seleksi penerimaan siswa baru jalur siswa berbakat istimewa asal Kabupaten Tapanuli Tengah, Tahun Pendidikan 2023-2024.

Seleksi ini dilangsungkan selama dua hari, 21-22 November 2022 di Kampus SMA Matauli Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Matauli Pandan, Deden Rachmawan, S.Pd, MM, seleksi itu menjadi pilot project untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak Tapanuli Tengah (Tapteng) bersekolah di SMAN 1 Matauli Pandan yang dipersiapkan untuk mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri.

BACA JUGA: SMAN 1 Matauli Pandan Dipercaya Negara Jerman Menjadi Tempat Magang Calon Guru Jerman

“Sudah dua tahun siswa dari SMA Matauli Pandan berhasil mendapat beasiswa kuliah di Universitas terkenal yang ada di luar negeri lewat Beasiswa Indonesia Maju Jalur Afirmasi Taman Sains yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dan dua di antaranya adalah anak dari Tapanuli Tengah. Atas dasar itulah, kita gerak cepat melakukan seleksi ini untuk mencari dan mempersiapkan calon-calon siswa khusus dari Kabupaten Tapanuli Tengah, karena sekolah kita ini berada di Kabupaten Tapanuli Tengah,” terang Deden, Senin (21/11/2022).

Deden juga menjelaskan, siswa yang berhasil lulus akan dibekali dengan keahlian-keahlian yang dimiliki. Dan ketika nanti sudah sekolah di SMA Matauli, akan dipersiapkan semaksimal mungkin untuk mengikuti ujian beasiswa kuliah ke luar negeri.

Ketua Yayasan Matauli Fitri Krisnawati Tandjung, B.Sc (dua dari kanan) bersama dengan Kepala Sekolah SMAN 1 Matauli, Deden Rahcmawan, S.Pd, MM memberikan semangat dan motivasi kepada siswa SMP yang mengikuti seleksi, Senin (21/11/2022). (Batakpost.com/Jas)

“Kita sudah punya gambaran bidang-bidang mana yang harus kita benahi dan mantapkan kepada calon-calon siswa kita ini. Dan ketika mereka nanti dinyatakan lulu beasiswa kuliah ke luar negeri, kemampuan mereka sudah maksimal, karena sudah kita persiapkan sejak dini sesuai dengan pengalaman alumni-alumni kita yang kuliah di luar negeri,” ujarnya.

Adapun jumlah SMP di Tapteng yang ikut seleksi siswa baru jalur siswa berbakat istimewa ini, sebanyak 83 sekolah terdiri dari Negeri dan Swasta. Dan dari masing-masing sekolah, dipilih dua orang untuk mengikuti seleksi, yaitu seleksi bidang sikologis dan minat.

BACA JUGA: Matauli Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama dengan IPB University

Sementara itu Ketua Yayasan Matauli Fitri Krisnawati Tandjung, B.Sc kepada peserta seleksi, memberikan semangat agar tidak takut untuk bermimpi tinggi, karena Yayasan dan SMA Matauli Pandan siap mewujudkan mimpi itu.

SMA Matauli Pandan sudah membuktikan bahwa anak-anak dari Tapanuli Tengah mampu untuk bersaing. Dan sekarang mereka sudah kuliah di Universitas Top di luar negeri, katanya.

“Ini seiring dengan cita-cita mulia dari pendiri SMA Matauli Pandan, yaitu, Bapak Feisal Tandjung dan orang tua saya Bapak Akbar Tandjung. Jadi, hari ini adalah awal perjalanan panjang kalian untuk meraih cita-cita. Persiapkanlah diri kalian, dan raihlah mimpimu menjadi orang-orang yang sukses,” katanya penuh semangat.

Seleksi siswa baru jalur siswa berbakat istimewa asal Tapteng ini, tidak dipungut biaya alias gratis. (Jas)