SIWO PWI Sumut matangkan persiapan hadapi Porwanas di Malang

Medan68 Dilihat

Medan, 26/2 (Batakpost.com)- Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI ) Sumatera Utara, mematangkan persiapan untuk menghadapi Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII yang akan digelar di Malang, Jawa Timur, 20-27 Oktober 2022.

Dalam rapat yang digelar SIWO dengan PWI Sumut di gedung PWI Sumut, Jalan Adinegoro Medan, Jumat (25/2) , diputuskan rencananya Sumut akan mengikuti 8 cabang olahraga yang dipertandingkan di Porwanas XIII nanti.

Cabang olahraga tersebut yakni atletik, biliar, catur, bridge, tenis meja, futsal, tenis lapangan, dan Esport. Selain itu juga ikut di nomor non medali yakni karya jurnalistik (tulis dan fotografi), olahraga tradisional (jumpitan dan terompah) serta  karaoke.

“Rencananya kontingen Sumut nanti berkekuatan 44 orang yang terdiri dari 28 atlet dan 16 16 pelatih dan official,” kata Ketua SIWO Jhoni Ramadhan dalam rapat tersebut.

Baca Juga:  48 Peserta UKW Angkatan 41 dan 42 Dinyatakan Lulus, 9 lagi Belum

BACA JUGA: Ketua PWI: SIWO Memiliki Peran Strategis Terwujudnya PON 2024 di Sumut

Dalam rapat yang dipimpin Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik yang didampingi Sekjen SR Hamonangan Panggabean, juga diputuskan seleksi akan digelar mulai Maret 2022 yang dilakukan secara terbuka untuk anggota PWI Sumut yang sudah berstatus anggota biasa dan sudah Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Bagi yang lolos seleksi selanjutnya akan mengikuti pumusatan latihan daerah yang rencananya mulai digelar Mei 2022. Walau Porwanas masih sekitar tujuh bulan lagi, persiapan harus benar-benar matang kita lakukan mulai sekarang,” katanya.

Baca Juga:  Ketua PWI Sumut Serahkan Santunan Asuransi kepada Ahli Waris Wartawan yang Meninggal

Sementara Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, dalam kesempatan itu meminta kepada pengurus SIWO agar benar-benar serius menyiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan persiapan menghadapi Porwanas, baik dalam hal seleksi atlet, maupun  sarana prasarana selama atlet nantinya selama menjalani Pelatda.

Karena, lanjut dia, meski Porwanas merupakan ajang silaturrahmi sesama wartawan seluruh Indonesia, prestasi juga harus diraih dengan raihan medali dari cabang olahraga yang dipertandingkan nantinya.

“Walau tidak mudah karena daerah lain tentunya juga akan mengirimkan atlet terbaiknya, Sumut harus bisa. Dan  untuk itu mulai sekarang harus ditetapkan cabang yang menjadi unggulan, jadi kita bisa kalkulasi dari sekarang terkait persiapan,” sebutnya.

“Minimal kita harus bisa bawa pulang medali sebagai wujud keseriusan kita. Untuk itu kepada atlet yang terseleksi nantinya harus benar-benar serius selama Pelatda. Kita harus buktikan kita bisa,” katanya menyakinkan.

Baca Juga:  Gubsu Siapkan Obat-obatan, Oksigen dan Tempat Tidur di RS Antisipasi Lonjakan Omicron

PWI, lanjut dia, siap memfasilitasi semua yang dibutuhkan terkait persiapan menuju Porwanas dan mengenai proses seleksi dan teknis selama Pelatda semua diserahkan sepenuhnya kepada SIWO.

“Kami percaya SIWO bisa menjalankan semuanya agar persiapan benar-benar matang  menuju Porwanas dan membawa pulang medali demi membawa harum Sumut di kancah nasional,” ujarnya.

Dalam rapat rapat tersebut juga diputuskan, SR Hamonangan Pangabean ditunjuk sebagai Komandan Seleksi dan Pelatda Porwanas PWI Sumut dan didampingi Ahmad Rifai sebagai wakilnya. (ril)