Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
DaerahSamosir

Satu Keluarga Ini Lestarikan Uning-uningan Batak

190
×

Satu Keluarga Ini Lestarikan Uning-uningan Batak

Sebarkan artikel ini
Keluarga Ricardo Gultom saat bermain musik uning-uningan (batakpost.com/RED)
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Catatan Redaksi

Samosir-Ada rasa bangga melihat regenerasi Batak yang selalu mencintai akan budayanya dan juga alat-alat musiknya. Bagi orang Batak, musik Uning-uningan (musik batak bergaya akuistik) tidak asing lagi. Hanya saja tidak semua orang Batak mahir memainkan musik tersebut.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Di Desa Lumban Samosir, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara keberadaan musik Uning-uningan ini masih bisa dijumpai. Hanya saja tidak semua masyarakat yang ada di sana memiliki musik tersebut. Salah satu keluarga yang masih tetap memiliki alat musik ini adalah keluarga pak Ricardo Gultom.

Hampir setiap malam keluarga Ricardo ini memainkan alat musik warisan nenek moyang itu sebagai hiburan sekaligus mengajarkan bagaimana memanikannya. Adalah Ricardo anak pertama dari keluarga tersebut cukup mahir memainkan sejumlah alat musik Uning-uningan, seperti hasapi (kecapi), Sulim (Suling), garantung (Jenis idiophone alat musi yang dipukul). Sedangkan untuk sarude etek dan sarude bolon masih sedang dipelarinya.

“Hampir setiap malam mereka bermain musik di tempat ini, dan kadang-kadang pindah tempat dari lapo ke lapo. Saya sebagai orangtua merasa bangga dengan kemauan anak-anak saya belajar musik Uning-uningan. Dua anak saya laki-laki, mereka bisa memainkan musik Uning-uningan ini. Saya yakin kelak kemampuan mereka akan menjadi modal bagi mereka,”kata Bapak Ricardo Gultom waktu bincang-bincang dengan batakpost.com di Samosir.

Pria paroh baya ini juga berharap, agar minat anak-anak muda lebih digali lagi terhadap musik Batak. Karena begitu banyak alat-alat musik Batak dan kreasinya yang dapat dipadukan saat ini seiring kemajuan teknologi.

“Kita harus bangga menjadi orang Batak dan lebih bangga lagi bisa berbahas Batak dan memainkan alat musik Batak. Itulah kelebihan orang Batak, memiliki alat musik tersendiri, bahasa tersendiri, bendera tersendiri,”ujarnya dengan semangat.

Sebagaimana diketahui, bahwa memang Samosir adalah gudangnya para seniman Batak. Banyak penyanyi dan pemain musik Batak yang terkenal saat ini berasal dari Samosir. Berikut adalah video mereka saat bermain musik. Selamat menyaksikan dan jangan lupa  Subscribe ya! Horas


Tinggalkan Balasan