Medan

RSUD H. Bachtiar Djafar dan BPBD Medan Jalin Kerja Sama Pencegahan dan Penanggulangan Bencana

117
×

RSUD H. Bachtiar Djafar dan BPBD Medan Jalin Kerja Sama Pencegahan dan Penanggulangan Bencana

Sebarkan artikel ini
RSUD H. Bachtiar Djafar dan BPBD Medan Jalin Kerja Sama Pencegahan dan Penanggulangan Bencana
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Medan, 21/5 (Batakpost.com) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Bachtiar Djafar dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Medan telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama mengenai Sistem Pencegahan dan Penanggulangan Bencana di rumah sakit. Acara penandatanganan yang berlangsung pada hari Selasa (21/5) ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan respons rumah sakit dalam menghadapi bencana.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Direktur RSUD H. Bachtiar Djafar, dr. Irliyan Saputra, Sp.O.G., dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Medan, Drs. Lilik M.A.P., di Aula Lantai 7 RSUD H. Bachtiar Djafar. Dalam rangkaian acara tersebut juga diadakan sosialisasi tanggap darurat bencana dengan Plt Kepala BPBD Medan, Drs. Lilik, M.A.P., sebagai salah satu narasumber.

Dalam presentasinya, Lilik menggambarkan siklus penanggulangan bencana yang meliputi prabencana, tanggap darurat, dan pascabencana. Menurutnya, keadaan darurat adalah situasi yang mengancam masyarakat dan memerlukan respons penanggulangan yang segera dan memadai. Ia menegaskan bahwa BPBD, baik di tingkat pusat maupun daerah, memiliki Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana yang siap terjun ke lokasi untuk membantu penanganan keadaan darurat begitu menerima informasi adanya bencana.

Lilik juga memaparkan 10 langkah siap untuk selamat yang meliputi:

Mengenali lingkungan sekitar.
Mengetahui jenis dan risiko bencana di lingkungan.
Selalu siaga dan waspada.
Mengetahui lokasi evakuasi.
Merencanakan tindakan jika terjadi bencana.
Menempatkan surat dan barang berharga di tempat yang mudah ditemukan.
Menyiapkan keamanan umum sebelum dan saat bencana.
Mengetahui lembaga yang menangani bencana.
Menyiapkan sarana, prasarana, dan peralatan mitigasi serta penanganan bencana.
Mengadakan pelatihan dan simulasi secara berkala.

Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat koordinasi antara RSUD H. Bachtiar Djafar dan BPBD Medan dalam menghadapi situasi darurat, serta meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan seluruh pihak terkait dalam penanggulangan bencana.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300