Punguan Pomparan Siraja Lumban Tobing Sibolga-Tapteng Siap Menjadi Peserta BP Jamsostek

Sibolga301 Dilihat

Sibolga, 14/12 (Batakpost.com)- Punguan Pomparan Siraja Lumban Tobing Boru Bere (PPSLB) Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, siap menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek). Kesiapan itu disampaikan pada acara Perayaan Natal Punguan PPSLB yang dilangsungkan pada hari Sabtu (10/12/2022) di Gedung Nasional Sibolga.

Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan yang hadir dalam acara itu menyampaikan, bahwa baru-baru ini salah satu honorer di Dinas PU Kota Sibolga meninggal dunia karena kecelakaan kerja. Karena almarhum sudah didaftarkan Pemkot Sibolga menjadi peserta BP Jamsostek, maka ahli warisnya menerima santunan kecelakaan kerja sebesar Rp 171 juta ditambah beasiswa untuk dua orang anak sampai dengan kuliah sebesar Rp 174 juta.

“Inilah salah satu contoh realisasi dari visi-misi Pemerintah Kota Sibolga, yaitu, Sibolga Sehat, Sibolga Pintar dan Sibolga Makmur,” ujar Jamaludin Pohan penerima penghargaan Tokoh Jaminan Sosial Ketenagakerjaan se- Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Baca Juga:  Pastikan Ruang Tahanan Aman, Kapolres Sibolga Lakukan Pengecekan

Dijelaskan Jamal, bahwa santunan kematian Kota Sibolga yang dulunya hanya sebesar Rp 1 juta rupiah, kini sudah menjadi Rp 42 juta rupiah seiring dengan perubahan Peraturan Daerah (Perda). Di mana masyarakat Kota Sibolga yang sudah didaftarkan menjadi peserta BP Jamsostek, berhak mendapatkan santunan kematian Rp 42 juta bagi yang meninggal biasa. Sedangkan yang meninggal karena kecelakaan kerja, maka akan mendapat santunan 48 kali gaji  ditambah dengan beasiswa bagi dua orang anak sampai tamat sarjana.

Wakil Wali Kota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing menambahkan, bahwa mulai tahun 2023 melalui perubahan Perda, santunan kematian akan berlaku kepada seluruh masyarakat Sibolga, hanya saja sifatnya bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan Pemkot Sibolga.

Baca Juga:  PLN UP3 Sibogla Targetkan Tahun Ini 100 persen Pelanggan Sudah Beralih ke LPB

Dan sebagai percontohan kata Pantas, adalah Kelurahan Sibolga Sambas.

“Untuk itulah kami memohon dukungan seluruh masyarakat Kota Sibolga untuk dapat mewujudkan terlindunginya seluruh masyarakat pekerja Sibolga hingga 100 % pada BP Jamsostek,” harapnya.

Pantas juga berharap Punguan Pomparan Siraja Lumban Tobing juga memanfaatkan momentum tersebut untuk dapat bersama-sama dengan Pemerintah dan BPJS Ketenagakerjaan meningkatkan manfaat santunan kematian lewat anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Punguan.

“Bagaimana caranya, saya yakin Boy Lumban Tobing selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Sibolga, dan Ketua Tobing yang baru Jonny Lumban Tobing dapat mewujudkan itu,” kata Pantas.

Sementara itu Ketua Komisi III DPRD Kota Sibolga Tonny Lumban Tobing yang membidangi Ketenagakerjaan, juga memiliki harapan yang sama. Bahwa seluruh anggota Punguan Pomparan Siraja Lumban Tobing Boru Bere agar dapat memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Punguan melalui kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga:  Surya Paloh: Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga Benteng Kekuatan Partai NasDem

Tonny berharap, Pemkot Sibolga dan BP Jamsostek memberikan perhatian lebih kepada Punguan Pomparan Siraja Lumban Tobing Boru Bere (PPSLB) Sibolga- Tapteng.

Pada kesempatan itu, Ketua PPSLB Sibolga-Tapteng, St. Poltak Lumbantobing mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Sibolga dan BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan sumbangan atas terselenggaranya kegiatan natal. Dia juga menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Ketua PPSLB Sibolga- Tapteng yang baru, Jonny Lumban Tobing.

Jamal terima..