Samosir

Peringati Harkitnas ke-116, Pemkab Samosir Gelar Upacara di Tanah Lapang Pangururan

259
×

Peringati Harkitnas ke-116, Pemkab Samosir Gelar Upacara di Tanah Lapang Pangururan

Sebarkan artikel ini
Peringati Harkitnas ke-116, Pemkab Samosir Gelar Upacara di Tanah Lapang Pangururan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 20/5 (Batakpost.com) – Pemerintah Kabupaten Samosir memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 di Tanah Lapang Pangururan, Senin (20/5/2024). Upacara ini dipimpin oleh Wakapolres Samosir Kompol ST. Panggabean, SH, sebagai Inspektur Upacara dan Danramil 01 Simanindo Kapten Arh. Edi Waryanto sebagai Komandan Upacara.

Upacara Harkitnas ini dihadiri oleh perwakilan Forkopimda, Pabung 0210/TU Wilayah Samosir Kapten Arm G. Sebayang, Pj. Sekda Marudut Tua Sitinjak, Kasi Intel Kejari Samosir Richard Simare-mare, pejabat tinggi pratama, PJU Polres Samosir, Danramil Pangururan, serta peserta upacara dari TNI/Polri, ASN, dan siswa SMA, SMP, SD, dan Pramuka Kwarcab Samosir.

Menkominfo RI Budi Arie Setiadi dalam amanatnya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menekankan pentingnya kemajuan teknologi dalam menghadapi tantangan masa depan. Ia mengingatkan bahwa sejarah perjuangan kemerdekaan, dimulai dari Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908, telah menumbuhkan semangat kemerdekaan dan pendidikan untuk semua lapisan masyarakat.

Menkominfo juga menggarisbawahi peran Kartini sebagai pelopor gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan, dan kemajuan melalui tulisannya yang menyebar ke seluruh dunia.

“Boedi Oetomo menjadi tempat orang belajar dan berdebat tentang pentingnya pendidikan untuk rakyat Hindia Belanda. Dari sini lahir pemikiran tentang pentingnya memperluas keanggotaan yang mencakup seluruh rakyat Hindia Belanda,” jelasnya.

Budi Arie Setiadi menekankan bahwa kemajuan teknologi kini menjadi bagian integral dari peradaban manusia, dengan inovasi yang mendorong perubahan revolusioner. “Penguasaan atas teknologi adalah keniscayaan untuk menyongsong Indonesia Emas,” tegasnya.

Indonesia kini berada di era bonus demografi, dengan 60% penduduk usia produktif yang siap mengembangkan inovasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa kesempatan menjadi negara maju hanya datang sekali, sehingga langkah yang diambil harus tepat.

Potensi digital Indonesia semakin menguat dengan penetrasi internet mencapai 79.5% dan proyeksi ekonomi digital ASEAN yang mencapai 1 triliun USD pada tahun 2030. Hal ini mendukung percepatan transformasi digital nasional dan membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari jebakan pendapatan menengah.

“Perekonomian Indonesia harus tumbuh 6-7% untuk mencapai status negara maju pada tahun 2045,” lanjut Menkominfo.

Dalam rangkaian peringatan Harkitnas ke-116 di Kabupaten Samosir, Pemkab Samosir menyerahkan secara simbolis SK CPNS lulusan STTD Kementerian Perhubungan TA. 2023 dan menggelar aksi donor darah yang digagas oleh PMI Kabupaten Samosir.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300