Lintas Sumut

Perayaan Tri Suci Waisak di Binjai: Memperingati Keharmonisan dan Kebudayaan Bersama

146
×

Perayaan Tri Suci Waisak di Binjai: Memperingati Keharmonisan dan Kebudayaan Bersama

Sebarkan artikel ini
Perayaan Tri Suci Waisak di Binjai: Memperingati Keharmonisan dan Kebudayaan Bersama
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Binjai, 17/6 (Batakpost.com) – Dengan diiringi atraksi barongsai, penampilan tarian tradisional, dan bazaar UMKM Kota Binjai, perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE/2024 di Lapangan Olahraga Perguruan Ahmad Yani Binjai, Sabtu (15/6), mengusung tema “Keharmonisan Merupakan Pedoman Hidup Berdampingan Dalam Berbangsa”. Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP turut hadir dalam perayaan ini untuk menyampaikan ucapan selamat kepada umat Buddha di Kota Binjai.

“Melalui peringatan Tri Suci Waisak, semoga seluruh umat Buddha di Kota Binjai dapat mengaktualisasikan ajaran-ajaran Buddha dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Drs. H. Amir Hamzah.

Beliau juga menekankan pentingnya perayaan ini sebagai momen untuk mengingat tiga peristiwa suci dalam kehidupan Sang Buddha Sidharta Gautama, yaitu kelahiran, pencerahan, dan wafatnya Sang Buddha.

Bupati Asahan H. Surya, BSc, yang turut serta dalam perayaan, menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan telah menyembelih 90 ekor sapi dan 23 ekor kambing untuk diberikan kepada masyarakat di Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Kota Kisaran Timur.

“Hewan qurban telah melalui pemeriksaan kesehatan ketat oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan untuk memastikan keamanan konsumsi dagingnya,” jelas Bupati Asahan.

Ketua DPRD Kota Binjai H. Noor Sri Syah Alam Putra, ST, juga mengapresiasi perayaan ini sebagai acara kebudayaan yang mempererat hubungan antar umat Buddha di Kota Binjai.

“Kami yakin dengan perayaan Waisak ini semakin menguatkan antar umat Buddha yang ada di Kota Binjai,” ucapnya.

Perayaan ditutup meriah dengan pelepasan lampion yang dilakukan oleh Wali Kota Binjai bersama Forkopimda dan seluruh etnis Tionghoa yang turut hadir dalam acara ini.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300