Medan

Perayaan Deepavali 2023 di Little India, Medan: Masyarakat Meriahkan Festival Cahaya dengan Penuh Kebahagiaan

129
×

Perayaan Deepavali 2023 di Little India, Medan: Masyarakat Meriahkan Festival Cahaya dengan Penuh Kebahagiaan

Sebarkan artikel ini
Perayaan Deepavali 2023 di Little India, Medan: Masyarakat Meriahkan Festival Cahaya dengan Penuh Kebahagiaan
Example 300x600

Medan, 10/12 (Batakpost.com) – Perayaan Deepavali di Kota Medan pada tahun 2023 menandai sebuah momen bersejarah dengan penyelenggaraannya di sepanjang Jalan Zainul Arifin, atau lebih dikenal sebagai Little India. Pemerintah Kota Medan, di bawah kepemimpinan Wali Kota Bobby Nasution, memutuskan untuk merayakan hari besar keagamaan umat Hindu ini secara terbuka dengan tujuan memperkuat rasa saling mengenal dan menghargai antarwarga, termasuk adat istiadat, budaya, dan ajaran agama.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menyampaikan bahwa perayaan Deepavali tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang diadakan di dalam ruangan. Dengan adanya perayaan di tempat terbuka, diharapkan seluruh masyarakat Kota Medan dapat lebih memahami dan menghargai makna perayaan Deepavali. “Suka cita dan kegembiraan dalam setiap perayaan hari besar keagamaan harus kita rasakan bersama. Mari sama-sama kita memaknai perayaan ini sebagai kemenangan atas kegelapan menuju cahaya yang lebih terang,” ajak Bobby Nasution saat menghadiri acara perayaan Deepavali pada Sabtu malam (9/12).

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, unsur Forkopimda Kota Medan, Ketua TP PKK Kota Medan, Ny Kahiyang Ayu M. Bobby Nasution, Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman, pimpinan Perangkat Daerah beserta Camat se-Kota Medan. Dalam sambutannya, Bobby Nasution mengungkapkan bahwa perayaan Deepavali, yang juga dikenal sebagai festival cahaya, telah diperingati selama 2.500 tahun. Oleh karena itu, Pemko Medan berharap agar setiap hari besar keagamaan dapat dirayakan bersama untuk mempererat tali persaudaraan di tengah keberagaman masyarakat Kota Medan.

Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Kota Medan, Suben Thiren, memberikan apresiasi terhadap keberanian Wali Kota Bobby Nasution dalam menggelar perayaan Deepavali di Little India. “Kami bangga memiliki pemimpin seperti bapak yang bersahabat dengan semua suku dan semua agama. Kami siap mendukung program Pemko Medan,” ujar Suben Thiren.

Sebagai tambahan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Benny Sinomba Siregar, menekankan bahwa perayaan Deepavali bukan hanya momen keagamaan tetapi juga sebuah momentum untuk mempererat kerukunan antar umat beragama dan persatuan bangsa. Dalam rangkaian perayaan Deepavali 2023, berbagai kegiatan sosial juga dilaksanakan, seperti pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, dan bazar UMKM, menunjukkan semangat gotong-royong dan kebersamaan masyarakat Kota Medan dalam merayakan keberagaman.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS