Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Samosir

Penaburan Benih Ikan Nila di Danau Toba: Upaya Peningkatan Produksi Perikanan

89
×

Penaburan Benih Ikan Nila di Danau Toba: Upaya Peningkatan Produksi Perikanan

Sebarkan artikel ini
Penaburan Benih Ikan Nila di Danau Toba: Upaya Peningkatan Produksi Perikanan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 2/4 (Batakpost.com) – Sekdakab Samosir, Marudut Tua Sitinjak, didampingi unsur Forkopimda dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara, melakukan penaburan benih ikan nila sebanyak 290.000 ekor di Danau Toba. Acara ini dilaksanakan di dua lokasi, yaitu Pelabuhan Onan Runggu dan Kawasan Alur Tano Ponggol, Kecamatan Pangururan, Senin (1/4).

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua DPRD Pantas M. Sinaga, perwakilan dari TNI, Polri, serta pejabat dan tokoh masyarakat setempat.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Camat Pangururan, Robintang Naibaho, menyampaikan apresiasi atas pemilihan Pangururan sebagai salah satu lokasi restocking ikan nila. Hal ini diharapkan akan meningkatkan semangat dalam melestarikan Danau Toba.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara, melalui Kabid Perikanan Tangkap, Jenni Masniari, menjelaskan bahwa kegiatan restocking ini merupakan hasil usulan dari Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir. Penaburan benih ikan nila dilakukan pada dua titik, dengan jumlah total 290.000 ekor.

Jenni menjelaskan bahwa restocking ini bertujuan untuk meningkatkan produksi dan menjaga habitat ikan nila di perairan Danau Toba.

Wakil Ketua DPRD Samosir, Pantas M. Sinaga, mengapresiasi perhatian Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara dalam mendukung kecukupan ikan di Danau Toba, terutama setelah ditertibkannya keramba jaring apung. Ia berharap kegiatan serupa juga dapat dilakukan di embung dan danau kecil lainnya di Pulau Samosir untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Sekdakab Samosir, Marudut Tua Sitinjak, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan hasil sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Samosir dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Ia berharap kerjasama yang baik ini dapat terus ditingkatkan dan berbagai usulan pembangunan dari Pemkab Samosir dapat mendapatkan perhatian dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS