Siantar

Pemuda-pemudi Kota Pematang Siantar Meraih Penghargaan dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda

155
×

Pemuda-pemudi Kota Pematang Siantar Meraih Penghargaan dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Sebarkan artikel ini
Pemuda-pemudi Kota Pematang Siantar Meraih Penghargaan dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda
Example 300x600

Siantar, 28/10 (Batakpost.com) – Sebanyak 12 pemuda-pemudi berprestasi dari Kota Pematang Siantar dianugerahi penghargaan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 tahun 2023. Piagam penghargaan diberikan secara langsung oleh Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A, setelah upacara peringatan HSP ke-95 tahun 2023 yang digelar di halaman Kantor Wali Kota Pematang Siantar pada Sabtu (28/10/2023) pagi.

Ke-12 pemuda dan pemudi ini telah mencapai prestasi di berbagai tingkatan, termasuk tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut), nasional, dan internasional.

Para pemuda berprestasi tersebut meliputi:

  1. Intan Josefin Purba, juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Teknologi Inovasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia pada tanggal 16-19 Oktober 2023 di Hotel Ciputra Jakarta.
  2. Wira Dharma, siswa SMA Negeri 6 Pematang Siantar, juara II Lomba Seni Penciptaan Film Pendek (Fiksi) pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional 2023 (FLS2N) Tingkat Nasional 2023.
  3. Shine Aldrich Simbolon, siswa SMA Swasta Kalam Kudus, juara II Lomba Seni Ciptaan Film Pendek (Fiksi) pada FLS2N Tingkat Nasional 2023.
  4. Cyntia Rismauli Nainggolan, atlet berprestasi Cabang Olahraga Senam Ritmik Ribbon Level 1, Rope Level 1, dan All Around Level 1 pada Special Olympics World Summer Games 2023 di Berlin, Jerman tanggal 12-25 Juni 2023.
  5. Yohana William Marpaung, Winner Little Miss Grand Model Indonesia 2023.
  6. Gracia Elisabeth, 1st Runner Up Miss Teen Grand Model Indonesia 2023.
  7. Sonia Khairunnisa Tarigan, 1st Runner Up Duta Wisata Cilik Nasional 2023.
  8. Qiandra Bonti Manurung, 3rd Runner Up Duta Wisata Cilik Nasional 2023.
  9. Yulinda Kenzia Siahaan, Winner Miss Teenager 2023.
  10. Tiara Grace Hutapea, Winner Miss Grand Tourism 2023.
  11. Mauren Ester Subrada Saragih, 2nd Runner Up Duta Wisata Cilik Nasional 2023.
  12. Kinanti Arisandi, juara II Miss Hijab Sosial Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2023.

Sebelumnya, dr. Susanti menjadi Inspektur Upacara Peringatan HSP ke-95 tahun 2023 dan membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Dalam sambutan tersebut, Menpora Ario Bimo mengingatkan bahwa Hari Sumpah Pemuda adalah momen yang mengingatkan bangsa Indonesia akan semangat gotong royong pemuda yang telah menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928. Sumpah ini menghasilkan komitmen kebangsaan untuk bersatu dalam satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, yakni bahasa Indonesia.

Peringatan HSP ke-95 tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo yang menunjukkan kolaborasi dan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Menpora Ario Bimo juga menekankan pentingnya peran pemuda dalam perkembangan teknologi dan informasi terkini, serta perlunya penguasaan teknologi dan literasi digital. Dia menyebut kolaborasi lintas generasi dan lintas sektor sebagai strategi utama untuk mencapai tujuan pembangunan nasional.

Upacara peringatan HSP juga dimeriahkan dengan menyanyikan lagu-lagu patriotik dan dilanjutkan dengan acara seni. Upacara ini dihadiri oleh ASN Pemko Pematang Siantar, pelajar, dan anggota Pramuka.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS