Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Kepulauan Nias

Pemko Medan Tingkatkan Fungsi Trantib Untuk Menjaga Ketentraman Kota

151
×

Pemko Medan Tingkatkan Fungsi Trantib Untuk Menjaga Ketentraman Kota

Sebarkan artikel ini
Pemko Medan Tingkatkan Fungsi Trantib Untuk Menjaga Ketentraman Kota
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Medan, 15/12 (Batakpost.com) – Pemerintah Kota Medan intensifkan fungsi Trantib di seluruh Kecamatan dan Kelurahan sebagai persiapan menyambut perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Langkah ini diambil untuk menjaga Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) di Kota Medan.

Keputusan ini diumumkan dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan, Ferri Ichsan, di Balai Kota pada Jumat (15/12). Rapat dihadiri oleh Kepala Seksi Trantib dari berbagai Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Medan.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Ferri Ichsan menyampaikan tujuan rapat tersebut adalah untuk memperkuat fungsi Trantibumlinmas. Menurutnya, Kepala Seksi Trantib di Kecamatan dan Kelurahan seharusnya menjadi mata dan telinga Pemko Medan dalam mendeteksi dini serta mencegah potensi gangguan terhadap ketentraman dan ketertiban umum.

“Sebagai Kepala Seksi yang menjabat fungsi Trantib, harus mengetahui tugas pokoknya. Sebuah kota dikatakan baik apabila dalam kondisi aman, tertib, dan nyaman bagi masyarakat,” kata Ferri Ichsan.

Selain itu, Ferri Ichsan juga menekankan pentingnya peran Kasi Trantib dalam mensosialisasikan pembangunan infrastruktur kota yang terus dilakukan oleh Wali Kota Medan. Ia mengingatkan agar masyarakat mengetahui pembangunan tersebut dan merasakan kehadiran pemerintah.

“Jangan kita biarkan masyarakat bertanya-tanya dan tidak merasakan kehadiran Pemerintah,” ungkap Ferri Ichsan. Dalam rapat yang dihadiri oleh pimpinan Perangkat Daerah Pemko Medan, seperti Kasat Pol PP Rakhmat Adisya Putra Harahap, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Muhammad Yunus, Kepala BKPSDM Sutan Tolang Lubis, Kaban Kesbangpol Andy Mario Siregar, dan Camat Sekota Medan, Ferri Ichsan berharap agar fungsi dan peran Kasi Trantib di Kecamatan dan Kelurahan dapat semakin ditingkatkan melalui rapat koordinasi ini.

Sementara itu, Kasat Pol PP Kota Medan, Rakhmat Adisya Putra Harahap, menegaskan pentingnya deteksi dini dan pencegahan masalah di wilayah. Ia menekankan peran Kasi Trantib dalam berkoordinasi dengan Perangkat Daerah lainnya untuk penanganan yang cepat.

“Kita ingin terjalin kolaborasi yang intens antara Kasi Trantib, Kepling dengan petugas Perangkat Daerah, sehingga apabila terjadi suatu kejadian dapat segera diatasi bersama,” pungkas Rakhmat Adisya Putra Harahap.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS