Humbahas

Bupati Humbang Hasundutan Buka Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak

77
×

Bupati Humbang Hasundutan Buka Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak

Sebarkan artikel ini
Bupati Humbang Hasundutan Buka Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Humbahas, 6/6 (Batakpost.com) – Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Humbang Hasundutan, Jaulim Simanullang, secara resmi membuka Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) yang diadakan di Ruang Rapat Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul.

Dalam sambutan tertulis Bupati Humbang Hasundutan yang dibacakan oleh Jaulim Simanullang, disampaikan pentingnya komitmen dan sinergi dari semua stakeholder dan gugus tugas dalam memenuhi hak-hak anak serta memberikan perlindungan terhadap anak. Gugus Tugas KLA bertugas mengoordinasikan rencana aksi, sinkronisasi, mobilisasi, fasilitasi, sosialisasi, edukasi, pemantauan, dan pelaporan untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak.

Rapat koordinasi ini bertujuan untuk melakukan koordinasi kelembagaan dan membahas lima klaster hak anak, yaitu:
1. Klaster hak sipil dan kebebasan.
2. Klaster lingkungan dan pengasuhan alternatif.
3. Klaster kesehatan dasar dan kesejahteraan.
4. Klaster pendidikan, pemanfaatan waktu, dan kegiatan budaya.
5. Klaster perlindungan khusus anak.

Kadis PMDP2A, Maradu Napitupulu, dalam paparannya menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak (KLA) adalah untuk meningkatkan upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, serta meningkatkan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha dalam penyelenggaraan KLA.

Pembicara dalam kegiatan ini adalah M. Jailani, S.Sos, MA, Dosen Fakultas Ilmu Sosial UINSU sekaligus Tim Independen Assesor Nasional Evaluasi KLA, serta Drg. Syawalini Fitri Sinaga, PLT. Kabid Pemenuhan Hak Anak dan Peningkatan Kualitas Keluarga dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatra Utara.

Peserta rapat terdiri dari Forkopimda, OPD terkait, PKK, Sada Ahmo, Kemenag, dan lainnya. Mereka berkumpul untuk mendiskusikan dan mengembangkan strategi-strategi yang diperlukan dalam mewujudkan Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai Kabupaten Layak Anak.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300