Padangsidimpuan

Pemerintah Kota Padangsidimpuan Melakukan Pertanaman Bawang Merah untuk Menekan Inflasi Pangan

145
×

Pemerintah Kota Padangsidimpuan Melakukan Pertanaman Bawang Merah untuk Menekan Inflasi Pangan

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Kota Padangsidimpuan Melakukan Pertanaman Bawang Merah untuk Menekan Inflasi Pangan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Sidimpuan, 13/3 (Batakpost.com) – Padangsidimpuan, Sabtu (9/3/2024) – Dalam upaya mengendalikan inflasi pangan yang signifikan, Pemerintah Kota Padangsidimpuan telah mengambil langkah-langkah strategis, salah satunya dengan melaksanakan pertanaman bawang merah.

Pada hari ini, dilakukan penanaman varietas SS Sakato sebanyak 2 ton dengan luas pertanaman 2 hektar. Penanaman ini bertujuan untuk memproduksi bibit bawang merah yang nantinya akan didistribusikan kepada petani di Kota Padangsidimpuan.

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Simangornop, Ardiansyah, menjelaskan bahwa penangkaran bawang merah ini sangat penting untuk mendukung ketersediaan bibit bawang merah di wilayah tersebut. Ini akan mengurangi ketergantungan petani pada bibit dari luar daerah dan memastikan adaptasi yang baik terhadap iklim lokal.

Penjabat Walikota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, S.K.M, M.Kes, menegaskan komitmen Pemerintah Kota dalam menjaga laju inflasi daerah. Salah satu langkah konkrit yang diambil adalah pembangunan gedung pengering atau bangsal bawang merah setelah Hari Raya Idul Fitri, dengan dana dari APBD Provinsi.

Kepala Desa Mompang, Aidil Putra Harahap, menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada petani bawang merah di desanya. Dia menegaskan bahwa bantuan tersebut akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat.

Kabid Tanaman Pangan & Holtikultura, Bustanul Arifin Dalimunthe, memperkirakan hasil panen dari penanaman bibit sebanyak 2 ton ini mencapai 20 ton. Dia berharap petani bawang merah di Kota Padangsidimpuan akan menyisihkan sebagian hasil panennya untuk penangkaran, demi kelangsungan pertanian bawang merah di wilayah tersebut.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS