Samosir

Pemerintah Kabupaten Samosir dan PDHI Sumut Gelar Pemeriksaan Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah

106
×

Pemerintah Kabupaten Samosir dan PDHI Sumut Gelar Pemeriksaan Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Kabupaten Samosir dan PDHI Sumut Gelar Pemeriksaan Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 18/6 (Batakpost.com) – Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Bidang Perkebunan dan Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, bekerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumatera Utara, melaksanakan pemeriksaan hewan kurban (Post Mortem) di Kabupaten Samosir pada Senin (17/6).

Pemeriksaan hewan kurban dilakukan di sejumlah tempat, yaitu di Masjid Al Hasanah Pangururan, Mushola Al-Ikhlas Tuktuk Siadong, Masjid Al-Ikhwan dan Al Mubarok Desa Janji Martahan Kecamatan Harian, Masjid Nurul Huda Desa Turpuk Sihotang Kecamatan Harian, Masjid Nurul Iman Sihotang, dan Masjid Nurul Islam di Desa Tambun Sungkean Kecamatan Onan Runggu.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghindari pemotongan hewan kurban yang sakit atau tidak layak serta menjamin kualitas karkas, daging, dan jeroan kurban yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH) untuk dibagikan kepada jemaah.

PDHI Sumut menugaskan drh. Charterius Sitanggang untuk melakukan pemeriksaan ante martem dan post mortem, dibantu oleh sejumlah tenaga medis kesehatan veteriner yang sudah terlatih, yaitu paramedis dan dokter hewan.

Kelancaran kegiatan ini didukung oleh kerjasama dan peran aktif panitia, pengelola, dan pengurus masjid dalam melakukan koordinasi terkait kegiatan pemantauan dan pemeriksaan hewan kurban tersebut.

Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, total terdapat 21 ekor sapi dan 24 ekor kambing yang menjadi kurban di Samosir. Rinciannya adalah sebagai berikut:
– Masjid Al Hasanah Pangururan: 7 ekor sapi dan 4 ekor kambing
– Masjid Al Ikhlas Tuktuk Siadong: 6 ekor sapi dan 4 ekor kambing
– Masjid Al Ikhwan Desa Janji Martahan: 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing
– Masjid Nurul Huda Desa Turpuk Sihotang: 4 ekor sapi dan 6 ekor kambing
– Masjid Nurul Iman Hariara Pohan: 2 ekor sapi dan 5 ekor kambing
– Masjid Al Mubarokah Desa Janji Martahan: 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing
– Masjid Nurul Islam Onan Runggu: 4 ekor kambing

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir, Dr. Tumiur Gultom, SP, MP, menyampaikan terima kasih kepada PDHI Sumut yang telah membantu Pemerintah Kabupaten Samosir dalam melakukan pemeriksaan hewan kurban.

“Pemeriksaan hewan kurban ini adalah kewajiban kami untuk menjamin keamanan pangan di Kabupaten Samosir, khususnya hewan kurban dalam perayaan Idul Adha 2024. Terima kasih kepada PDHI Sumut yang telah membantu Pemkab Samosir,” kata Tumiur.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300