Humbahas

Pemerintah Humbahas Fokus Hadapi Inflasi, Lakukan Rakor Pengendalian Bersama Menteri Dalam Negeri

128
×

Pemerintah Humbahas Fokus Hadapi Inflasi, Lakukan Rakor Pengendalian Bersama Menteri Dalam Negeri

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Humbahas Fokus Hadapi Inflasi, Lakukan Rakor Pengendalian Bersama Menteri Dalam Negeri
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Humbahas, 21/5 (Batakpost.com) – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) turut serta dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, diwakili oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Tomsi Tohir, secara virtual melalui zoom pada Senin (20/5). Rakor ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Martogi Purba ST, serta para Kadis dan Kabag terkait seperti Kadis Pertanian dan Ketapang, Ir Junter Marbun, Kadis Kominfo, Batara Franz Siregar SE, dan Kabag Perekonomian dan SDA, Pommer Hutabarat.

Pembahasan dalam rakor mencakup langkah-langkah konkret untuk mengendalikan inflasi di daerah. Di tingkat nasional, data historis dari tahun 2020-2023 menunjukkan adanya tren inflasi setiap bulan Mei, dengan puncak inflasi terjadi pada Mei 2022 sebesar 0,4%. Kelompok makanan, minuman, dan tembakau mendominasi sumbangan inflasi tertinggi, kecuali pada Mei 2020 yang mengalami deflasi.

Pada bulan Mei 2024, beberapa komoditas seperti bawang merah, tomat, bawang putih, dan daging ayam ras mendapat peringatan atas potensi peningkatan harga. Namun, harga beras cenderung menurun (turun 2,21% dibandingkan April 2024) karena panen raya di beberapa sentra produksi beras di Indonesia.

Kementerian Dalam Negeri mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan langkah-langkah pengendalian inflasi, antara lain pemantauan harga dan stok untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok, menjaga pasokan bahan penting dengan menjalankan kegiatan menanam, operasi pasar murah, sidak ke pasar, koordinasi dengan daerah penghasil komoditi, serta pemberian bantuan transportasi.

Sejalan dengan upaya ini, Pemerintah Humbahas melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan telah melaksanakan gerakan menanam cabai dan bawang merah serta melakukan monitoring panen bawang merah di Desa Tapian Nauli, Kecamatan Lintongnihuta. Mereka juga melaksanakan penanaman jagung pioneer 40 APBN Tahun 2024 di Lahan Kelompok Tani Anugrah di Desa Lumban Barat, Kecamantan Paranginan.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300