Samosir

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Asam Amino dari Ikan oleh Pemkab Samosir

151
×

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Asam Amino dari Ikan oleh Pemkab Samosir

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Asam Amino dari Ikan oleh Pemkab Samosir
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 31/1 (Batakpost.com) – Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Ketapang) mengadakan penyuluhan dan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari limbah ikan serta Asam Amino dari ikan merah (red devil) untuk Kelompok Tani Pardomuan di Desa Silimalombu, Kecamatan Onan Runggu. Kegiatan yang berlangsung pada Jumat (31/5) ini melibatkan pengurus dan anggota Kelompok Tani Pardomuan serta seluruh PPL Kecamatan Onan Runggu dan Kecamatan Simanindo.

Kabid Perikanan Ronny Sitanggang memberikan penyuluhan tentang pembuatan Asam Amino dari Ikan Red Devil, sementara Kabid Penyuluhan Lasmaria Gultom menyampaikan materi tentang pembuatan Pupuk Organik Cair berbahan baku limbah ikan.

Dalam sambutannya, Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir, Dr. Tumiur Gultom, SP, MP, menjelaskan bahwa pelatihan ini diadakan mengingat potensi bahan baku yang tersedia di daerah tersebut. Ikan dari perusahaan swasta yang dikelola untuk diasinkan menjadi ikan kering dan populasi Ikan Red Devil (Louhan) di Danau Toba yang terus meningkat namun tidak diikuti oleh kenaikan harga jualnya menjadi alasan pentingnya pelatihan ini.

“Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian hadir untuk memberikan pelatihan agar ikan ini memiliki nilai tambah sebagai Asam Amino yang bermanfaat untuk pertanian,” ujarnya.

Tumiur Gultom juga menyatakan bahwa kegiatan ini akan berkelanjutan, dengan Dinas Ketapang dan Pertanian mendampingi kelompok tani dalam menyediakan bahan tambahan untuk pembuatan POC dan Asam Amino, meminjamkan mesin penggiling, dan membantu memasarkan hasil produksi.

Ketua Kelompok Tani Pardomuan, Toga Gultom, menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketapang dan Pertanian atas sosialisasi dan pelatihan ini. Ia menyebut bahwa hampir semua anggota kelompok tani Pardomuan sehari-harinya mengolah limbah ikan dari perusahaan swasta di Silimalombu. Melalui pelatihan ini, diharapkan perekonomian mereka dapat meningkat dengan mengolah limbah ikan menjadi POC dan mengubah Ikan Red Devil menjadi Asam Amino.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300