Pelantikan Pengurus PPTSB Sibolga-Tapteng Sukses, Rp 135 Juta Dana Terkumpul

Sibolga386 Dilihat

Sibolga, 19/9 (Batakpost.com)- Pelantikan Pengurus Parsadaan Toga Sinaga dohot Boruna (PPTSB) Kota Sibolga-Tapanuli Tengah, Periode 2022-2026 sukses.

Pelantikan yang dilangsungkan di Yenny Sopo Holong Sibolga itu dihadiri langsung oleh Ketua Umum PPTSB Pusat Mangihut Sinaga, SH, MH, beserta istri boru Napitupulu, Ketua PPTSB Wilayah Sumut Seron Sinaga beserta istri boru Nainggolan, serta Pengurus Pusat PPTSB dan juga pengurus daerah Kabupaten Kota, Minggu (18/9/2022).

Dalam pelantikan ini sebagai dukungan dan bentuk perhatian dari Ketua Umum, Ketua Wilayah, Ketua masing-masing daerah serta keluarga Toga Sinaga, terkumpul dana Rp 135.010.000 untuk biaya pelantikan dan dana kas PPTSB Kota Sibolga-Tapanuli Tengah, lewat lelang lagu Ketua Umum dan Ketua Wilayah Sumut.

Dalam arahannya Ketua Umum PPTSB Mangihut Sinaga yang saat ini menduduki jabatan Eselon I di Kejaksaan Agung RI, menyampaikan, bahwa dulunya Punguan (organisasi) PPTSB hanya fokus di bidang adat. Dan sesudah dia dipercaya menjadi Ketua Umum, dia memperbaharui PPTSB menjadi organisasi yang modern yang layanannya semakin luas tidak sebatas di bidang adat atau kematian lagi.

Baca Juga:  ‘Tangiang ni Dainang i do Namanggonggom Au’

Di tahun 2010 itu juga kata Mangihut, PPTSB dikembangkan hingga memiliki cabang 160 cabang di 12 Provinsi di seluruh Indonesia. Dan pada bulan Oktober 2022 nanti, juga akan digelar Munas PPTSB yang ke-15.

“Jadi organisasi kita ini adalah organisasi besar. Dan kita juga sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM. Dan kita siap untuk berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai ini,” tegasnya.

Dia juga menyampaikan, bahwa saat ini jumlah keturunan marga Sinaga yang sudah terdata sebanyak 700 ribu Kepala Rumah Tangga dari Sabang sampai Merauke. Dan khusus di Sibolga-Tapteng sebanyak 1.700 KK. Dan yang paling terbanyak itu di Kabupaten Simalungun dengan jumlah 120 ribu KK.

“Jumlah kita yang sangat besar ini menjadi kebanggaan dan kekuatan kita. Dan kita tidak ada membeda-bedakan agama dan keturunan atau klaster-klaster di Toga Sinaga. Kita adalah satu!” Tandasnya.

Masih menurut Mangihut, berbagai kegiatan dan bantuan sosial di Toga Sinaga terus berlangsung. Demikian juga Yayasan PPTSB semakin berkembang untuk memikirkan hal-hal yang positif di PPTSB.

Baca Juga:  Dompak Sinaga: Lagu Hirim Marnianakkon Jadi Berkat

“Banggalah kita sebagai marga Sinaga, karena marga-marga lain saja sudah mengangumi marga kita dan memuji kebersamaan dan kepedulian kita. Selamat bekerja kepada pengurus PPTSB Kota Sibolga-Tapteng yang sudah saya lantik, berikan yang terbaik, dan kami selalu siap mendukung,” pesannya.

Ketua Umum PPTSB Pusat, Mangihut Sinaga didampingi Sekretaris, Ketua PPTS Wilayah Sumut Seron Sinaga, Ketua Panitia Pelantikan Iwan Sinaga dan Ketua PPTSB Sibolga-Tapteng yang baru dilantik Rijondiman Sinaga saat diwawancarai media di sela-sela acara pelantikan PPTSB Sibolga-Tapteng, Minggu (18/9/2022). (Batakpost.comKas)
Ketua Umum PPTSB Pusat, Mangihut Sinaga, SH, MH, didampingi Sekretaris, Ketua PPTSB Wilayah Sumut Seron Sinaga, Ketua Panitia Pelantikan Iwan Sinaga dan Ketua PPTSB Sibolga-Tapteng yang baru dilantik Rijondiman Sinaga, saat diwawancarai media di sela-sela acara pelantikan PPTSB Sibolga-Tapteng, Minggu (18/9/2022). (Batakpost.com/Jas)

Sementara itu Ketua PPTSB Sibolga-Tapteng yang baru dilantik Rijondiman Sinaga didampingi istri boru Munthe dalam sambutannya mengaku haru dan bangga atas kepedulian dan kehadiran Ketua Umum PPTSB Pusat, Ketua PPTSB Wilayah, serta Pengurus PPTSB Kabupaten/Kota.

Dia berjanji akan bekerja dan merangkul semua marga Sinaga dan boruna serta bere dan ibebere yang ada di kedua derah.

“Terima kasih atas dukungan semangat dari PPTSB Pusat dan Wilayah serta daerah-daerah. Dan terima kasih juga kepada Ketua Panitia dan Sekretaris Panitia pelantikan PPTSB Kota Sibolga dan Tapteng yang sudah bekerja keras untuk kesuksesan acara kita ini,” pungkasnya.

Baca Juga:  Polres Sibolga Berangkatkan Bantuan Untuk Korban Gempa Taput

Sementara itu Ketua Panitia Pelantikan PPTSB Sibolga-Tapteng, Iwan Sinaga didampingi Sekretaris Saroha Sinaga mengatakan, bahwa persiapan mereka sangat mepet. Namun berkat kebersamaan marga Sinaga dan boruna yang ada di kedua daerah itu, semuanya dapat teratasi.

“Pelantikan ini diawali Pra Muscab dan Muscab. Sesudah itu langsung membentuk kepengurusan dan panitia. Jadi, waktunya sangat singkat, namun hasilnya sangat luar biasa. Di mana Ketum, Sekretaris, Ketua Wilayah dan Para Ketua Kabupaten/Kota serta tamu dan undangan dapat bergembira bersama. Ini semua berkat kerja sama dan pertolongan Tuhan,” kata Iwan dan Saroha.

Acara pelantikan ini juga turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori, SH, M.AP, mewakili Wali Kota Sibolga, Kakan Kesbangpol, Dedy Rahmad Saleh Lubis, SE, MM, dan juga para undangan lainnya.

Hasil amatan di lokasi, sejak pagi, Pomparan (keturunan) Toga Sinaga dan boruna sudah memadati Sopo Holong. Mereka tampak khusyuk mengikuti ibadah yang bertemakan “Persaudaraan Yang Rukun” (Mazmur 133:1-3) dan Sub Tema: Disaat Pomparan PPTSB Hidup Rukun, Saling Menghormati, Saling Mengasihi, Maka Berkat Tuhan Akan Melimpah ke Pomparan PPTSB.

Acara ini juga turut dihadiri Artis Batak Dompak Sinaga yang mengibur Pomparan Toga Sinaga yang sedang bergembira. (Jas)