Pelaksanaan PKKMB IAKN Tarutung Bertajuk “Creativity in Diversity” Sukses

Tapanuli Utara147 Dilihat

Taput, 6/9 (Batakpost.com)- Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, berlangsung lancar dan sukses.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 1-3 September 2022 di Kampus II IAKN Tarutung, di Jalan Raya Tarutung-Siborongborong, KM 11 Silangkitang, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara, Sumatera Utara itu, diikuti 574 mahasiswa baru dari 10 Prodi dari 3 Fakultas.

Hal itu disampaikan Dr. Hanna Dewi Aritonang, M.Th., Wakil Rektor III IAKN Tarutung kepada wartawan, Selasa (6/9/2022).

Dikatakan Hanna, tujuan dari PKKMB adalah untuk memperkenalkan dan mempersiapkan Mahasiswa baru IAKN Tarutung dalam proses transisi menjadi Mahasiswa yang Dewasa dan Mandiri, serta mempercepat proses adaptasi Mahasiswa dengan lingkungan yang baru, dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di IAKN Tarutung.

“Sebanyak 574 Mahasiswa baru dari 10 Prodi dari 3 Fakultas mengikuti PKKMB tahun 2022 ini. Dengan rincian, Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (FIPK) sebanyak 384 Mahasiswa, Fakultas Ilmu Theologia (FIT) sebanyak 105 Mahasiswa, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Kristen (FISHK) sebanyak 86 Mahasiswa,” terangnya.

Baca Juga:  Mulai dari Ulos, Kopi, Kacang Sihobuk, Manisan dan Lobster dari Nias Oleh-oleh Untuk Pernikahan Kahiyang-Bobby
Para Dosen IAKN Tarutung bersama dengan Mahasiswa Baru pada Pelaksanaan PKKMB IAKN Tarutung Bertajuk “Creativity in Diversity” yang berlangsung Sukses. (Doc Hanna Aritonang)
Para Dosen IAKN Tarutung bersama dengan Mahasiswa Baru pada Pelaksanaan PKKMB IAKN Tarutung Bertajuk “Creativity in Diversity” yang berlangsung Sukses. (Doc Hanna Aritonang)

Sedangkan yang menjadi tema PKKMB tahun ini adalah “Creativity in Diversity” (Persatuan dalam keberagaman). “Tema ini dipilih karena Mahasiswa IAKN Tarutung datang dari banyak daerah di Indonesia. Tentu keberagaman itu harus dipadukan,” jelasnya.

Diterangkan Hanna, sejak sosialisasi (pra PKKMB) dilakukan, sudah terlihat antusiasme para Mahasiswa baru begitu juga Mahasiswa senior yang terlibat dalam kepanitiaan. Dan itu bertahan sampai selesainya pelaksanaan PKKMB.

Kegiatan PKKMB ini sendiri dibuka secara resmi oleh Rektor IAKN Tarutung Prof. Dr. Albiner Siagian, M.Si, yang dilanjutkan dengan paparan materi tentang Sistem Pendidikan Tinggi. Setelah itu dilanjutkan dengan materi Wawasan Kebangsaan dan Penguatan Nilai-nilai Pancasila oleh Theofransus Litaay dari Tim Deputi V Kantor Staf Presiden RI yang sengaja diundang.

Di hari kedua, para peserta PKKMB dibekali materi Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif yang disampaikan Tumpak Winmark Hutabarat. Sementara di Sesi Panel, Wakil Rektor IAKN Tarutung Robert Sitio didampingi timnya dari Teknologi Informatika dan Pangkalan Data Herwin Simanjuntak, Elisamark Sitopu dan Kepala Biro Yan Kristianus juga menyampaikan materinya.

Baca Juga:  Nikson: Dengan Gasing Belajar Matematika Menjadi Menyenangkan

“Saya sendiri menyampaikan materi tentang Organisasi Kemahasiswaan dan Kode Etik, Hak & Kewajiban dan Disiplin Mahasiswa, sesuai dengan bidang saya,” jelas Hanna.

Selain itu juga, peserta PKKMB mendapat pengetahuan dari Bank Tabungan Negara (BTN) Sibolga selaku mitra IAKN Tarutung yang menjelaskan manfaat serta produk-produk layanan BTN dan pengisian formulir untuk mendapatkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang sekaligus menjadi ATM.

Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung. (Doc Hanna Aritonang)
Salah satu kegiatan pada Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung. (Doc Hanna Aritonang)

Yang tak kalah menarik, materi tentang Moderasi Beragama yang disampaikan Zainul Fuad selaku Ketua Moderasi Beragama UIN Sumatera Utara, semakin memperkaya pemahaman para Mahasiswa.

“Dalam materinya beliau (Zainul Fuad) menekankan pentingnya gerakan penguatan moderasi beragama demi menjaga kekayaan pluralitas agama dan budaya, serta demi terciptanya toleransi beragama dan perdamaian dunia di mana Mahasiswa harus turut andil di dalamnya,” kata Hanna menambahkan.

Baca Juga:  Romual Sianturi Penderita Penyakit Kanker Puluhan Tahun dapat Perhatian dari Satika Simamora

Di hari ketiga kegiatan diisi dengan ibadah, olahraga bersama, kebersihan serta penanaman bibit pohon di lingkungan kampus.

Usai kegiatan tersebut rangkaian acara ditutup dengan penyerahan semua Mahasiswa baru kepada Fakultas masing-masing untuk berkenalan langsung dengan Unit Penyelenggara Program Studi (UPPS).

Untuk Fakultas Ilmu Theologia (FIT) diserahkan kepada Haposan Silalahi, Jungjungan Simorangkir, Nurelni Limbong. Fakultas Ilmu Pendidikan Agama (FIPK) diserahkan kepada Andar Gunawan Pasaribu, Lasma Lumban Tobing, Boho P. Pardede.

Untuk Fakultas Ilmu Sosial Humaniora Kristen (FISHK) diserahkan kepada Maringan Sinambela, Rusmauli Simbolon dan Masniar Sitorus yang didampingi para Ketua Prodi masing-masing.

“Puji Tuhan, pelaksanaan PKKMB tahun ini berjalan dengan lancar dan tidak sedikit pun mengandung kekerasan. Karena itu sudah menjadi komitmen Kampus, di mana Mahasiswa baru harus merasakan kegembiraan selama mengikuti PKKMB,” tutup Hanna.

Untuk menambah kegembiraan selama 3 hari kegiatan, turut diisi berbagai selingan dan hiburan seperti Ecology Fashion Show, Manortor (menari), suguhan lagu dari tim musik dan resital Pendidikan Musik Gereja (PMG), serta malam Inagurasi. (red)