Berita UtamaMartabe Gold Mine

Oscar Alumni Pertama SMA Matauli Kuliah di Colorado Amerika Serikat: Sharing Tips Sukses Mendapatkan Beasiswa

728
×

Oscar Alumni Pertama SMA Matauli Kuliah di Colorado Amerika Serikat: Sharing Tips Sukses Mendapatkan Beasiswa

Sebarkan artikel ini
Oscar (kaos biru dongker) yang merupakan alumni SMA Matauli Pandan yang diterima kuliah di Universitas Colorado saat berkunjung ke Matauli, Senin (20/5/2024). (Batakpost.com/Jasgul)
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Tapteng, 20/5 (Batakpost.com)– Kalau kemarin Irvan Pane berbagi ilmu bagaimana sukses kuliah dan bekerja di Jerman terhadap adik-adiknya di SMA Matauli Pandan, kini giliran Oscar sharing tips sukses mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Sharing tips yang dibagikan Oscar ini merupakan pengalamannya sendiri bagaimana bisa sukses mendapatkan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) kuliah di Universitas Colorado School of Mines Amerika Serikat.

Menurut anak tunggal dari pasangan Wahyono dan Sri Hartani Agustina Sigalingging yang bekerja sebagai PNS di Dinas KB Tapteng, keberhasilannya mendapatkan BIM angkatan kedua atas bimbingan dari guru-gurunya-nya di SMA Matauli Pandan dan juga kerja kerasnya mengikuti tahapan dan persyaratan yang diminta oleh Pemerintah Indonesia selaku penyedia beasiswa.

“Modal pertama kita itu adalah harus ada niat untuk mendapatkan beasiswa. Setelah itu baru melengkapi syarat-syarat yang diminta seperti nilai rapor TOEFL dan IELTS serta persyaratan lainnya. Tentu sejak dini sudah harus kita siapkan syarat-syarat itu dengan cara menguji sejauh mana kemampuan kita. Kalau memang masih kurang, silahkan diisi terus dengan cara belajar, diskusi dan mencari refrensi,” katanya mengawali.

Dikatakan Oscar, jika memang adik-adiknya berniat dan serius untuk kuliah di luar negeri, maka sudah harus dipersiapkan sejak sekarang (sejak kelas X) jurusan dan negara mana yang akan dituju.

“Tidak semudah yang kita bayangkan untuk mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri. Banyak persyaratan khusunya bidang akademik yang betul-betul kita harus kuasai, seperti Bahasa Inggris, Matematika dan kemampuan diri atau bakat. Tanpa persiapan dini, pasti sulit untuk mendapatkan beasiswa ini,” ungkapnya.

Selanjutnya Baca: Mendapat..

banner 325x300