Mantap! Pemkab Tapteng Cairkan Iuran Jamsostek Untuk 10.000 Pekerja

Padangsidimpuan, 27/3 (Batakpost.com)- Ada kabar gembira bagi pekerja di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, di mana Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani telah membayarkan iuran Jamsostek bagi 10.000 pekerja di daerah itu.

Selain pencairan iuran terhitung Maret 2022, Bupati juga mendukung penuh terhadap penerbitan Peraturan Daerah (Perda) Jamsostek.

Sebagai tindak lanjut Perda itu, Pemkab Tapteng menggelar sosialisasi draft Perda Jamsostek, pada hari Kamis (24/3) yang dihadiri Asisten II Pemkab Tapteng drh. Iskandar didampingi Asisten I Drs. Erwin Marpaung di PIA Hotel Pandan, Tapanuli Tengah.

“Program jaminan sosial sudah berjalan di Tapteng. iuran bagi 10.000 tenaga kerja sudah dibayarkan. Kegiatan hari ini, hanya untuk menguatkan payung hukumnya, biar berjalan mantap perlindungan Jamsostek ke depan,” kata
Iskandar yang didampi Kepala Disnaker Tapteng Reza Affandi Ritonga, S.STP., MM., Kabag Hukum dan Orta Fredy H. Sitompul, SH, serta Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Tapteng Ridho S.M Hutabarat, S.STP. MM.

Apalagi Perda sudah disahkan, sambung Iskandar, diharapkan dapat mengatur perlindungan menyeluruh bagi semua segmen pekerja.

Demikian dijelaskan Sanco Simanullang selaku Kepala Cabang BP Jamsostek Sidimpuan, kepada media ini Minggu (27/3).

Hadir juga dalam kegiatan ini sejumlah camat dan puluhan perwakilan perusahaan besar, perwakilan pengusaha di wilayah Tapanuli Tengah.

Diketahui, Penduduk Kabupaten Tapanuli Tengah tercatat di kisaran 365.506 jiwa. Sedangkan jumlah pekerja informal mulai dari tenaga kerja petani, nelayan, pekerja sosial keagamaan, mencapai 114.692 jiwa.

Sementara jumlah pekerja pada penerima upah di sektor formal seperti perusahaan, lembaga, dan lainya sekitar 50.731 jiwa.

Sanco Simanullang mengucapkan terima kasih atas komitmen Pemkab Tapteng melindungi pekerja dalam program Jamsostek.

Selain telah mencairkan iuran bagi 10.000 pekerja, juga secara gerak cepat merancang Perda Jamsostek.

“Komitmen Pak Bupati Bakhtiar, sangat jelas dan patut diapresiasi. Ini, gerak cepat lagi buat Perda, itu sangat Luar biasa. Mauliate amang Boru Bupati,” puji Sanco.

Sebagaimana diberitakan, Bupati Bakhtiar bersama dengan BP Jamsostek Cabang Sibolga secara bertahap telah menyerahkan secara simbolis kartu perserta baru. Bahkan juga santunan kematian terhadap dua orang tenaga hononer Tapteng yang meninggal dunia akibat sakit.

Penyerahan itu dilangsungkan di Gedung Serbaguna Pandan, pada Jumat (11/2/2022) lalu. (ril)