Politik

Lokasi Debat Capres-Cawapres Perdana dan Terakhir Dipastikan di Kantor KPU RI

171
×

Lokasi Debat Capres-Cawapres Perdana dan Terakhir Dipastikan di Kantor KPU RI

Sebarkan artikel ini
Lokasi Debat Capres-Cawapres Perdana dan Terakhir Dipastikan di Kantor KPU RI
Example 300x600

Jakarta, 4/12 (Batakpost.com) – Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik, mengumumkan bahwa lokasi penyelenggaraan debat capres dan cawapres perdana serta terakhir dalam Pemilihan Umum 2024 akan digelar di Kantor KPU RI. Keputusan ini diambil dalam rapat koordinasi yang berlangsung kemarin.

“Dalam rapat koordinasi kemarin itu sudah disampaikan untuk seluruh debat direncanakan di Jakarta. Debat pertama akan diselenggarakan di Kantor KPU dan debat terakhir juga di Kantor KPU,” kata Idham seperti yang dilaporkan Antara pada Senin (4/12/2023).

Idham juga menjelaskan bahwa format debat tetap sesuai dengan peraturan yang berlaku, yaitu tiga debat calon presiden dan dua debat calon wakil presiden.

“Tiga debat calon presiden dan dua debat calon wakil presiden itu ada dalam penjelasan Pasal 277 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 (tentang Pemilihan Umum), kemudian kami tuangkan dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum Pasal 50 ayat (1),” ungkap Idham.

Berikut adalah jadwal dan tema debat capres-cawapres untuk Pilpres 2024 yang rencananya akan digelar selama lima kali di Jakarta:

  1. Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023
    • Tema: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.
  2. Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023
    • Tema: Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional.
  3. Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024
    • Tema: Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.
  4. Debat Keempat: Minggu, 21 Januari 2024
    • Tema: Energi, SDA, SMN, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, dan Agraria, dan Masyarakat Adat.
  5. Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024
    • Tema: Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS