Berita UtamaMedan

Ketua PWI Sumut Apresiasi Kapoldasu Atas Pemberantasan Begal dan Narkoba

205
×

Ketua PWI Sumut Apresiasi Kapoldasu Atas Pemberantasan Begal dan Narkoba

Sebarkan artikel ini
Kapolda Sumatera Utara bersama Ketua PWI Sumut dan rombongan foto bersama dalam acara kunjungan silaturahmi PWI Sumut ke Mapoldasu. (Batakpost.com/Doc PWI Sumut)
Example 300x600

Sementara itu Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang disampaikan Ketua PWI dan juga kunjungan silaturahmi dari PWI Sumut.

Dia mengharapkan dukungan dari insan pers dalam menyampaikan berita yang benar dan berimbang terkait kinerja mereka.

“Setiap pemberitaan yang disajikan media massa harus objektif, berdasarkan fakta dan berimbang. Hal itulah yang membedakan media massa dengan media sosial,” ujar Kapolda.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat menerima kunjungan silaturahmi dari Ketua PWI Sumatera Utara Farianda Putrna Sinik dan rombongan di ruang kerja Kapolda, Jumat (17/11/2023). (Batakpost.com/Doc PWI Sumut)

Selain itu, wartawan yang menyampaikan kritik melalui pemberitaan, harus bersifat membangun (konstruktif), disertai dengan solusi, agar dapat dibenahi atas kritikan yang disampaikan.

“Kita tidak anti terhadap kritik yang disampaikan oleh wartawan melalui pemberitaan. Namun, kritik tersebut harus bersifat membangun. Dengan adanya kritik yang membangun, maka institusi negara akan semakin kuat,” tegas jenderal bintang dua itu.

Dia mengibaratkan pekerjaan atau jabatan itu seperti besi, dan kritik itu adalah palu. Kalau besi sering dipukul dengan palu, lama-lama akan menjadi pisau, tajam. Jadi, jelas bahwa kritik itu harus punya tujuan yang baik agar kita semakin kuat dalam melaksanakan pekerjaan itu.

Belum Kompeten

Sebelumnya, Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, terdata Wartawan Unit Poldasu berjumlah 155 orang. Rinciannya, media nasional 14 orang, media elektronik 20 orang, media cetak 15 orang, media online lokal 106 orang.

Dari jumlah tersebut, kata Hadi, masih ada media yang belum melengkapi atau tidak memiliki badan hukum. Rinciannya, 109 sudah memiliki dan melengkapi dokumen badan hukum. Sedangkan 46 lagi sama sekali belum memiliki atau melengkapi dokumen badan hukum.

Bahkan, dari 155 media yang sudah terdaftar di Poldasu, hanya 26 media yang sudah tersertifikasi Dewan Pers. Selebihnya 129 belum tersertifikasi Dewan Pers.

“Ditinjau dari segi legalitas kewartawanan atau yang sudah mengikuti UKW, hanya 22 Wartawan Unit Poldasu yang memiliki sertifikasi UKW. Sedangkan 133 lagi belum memiliki sertifikasi UKW,” ungkap Kabid Humas.

Turut hadir mendampingi Ketua PWI Sumut dalam kunjungan itu, Wakil Ketua PWI Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan Amrizal; Wakil Ketua PWI Bidang Kerja sama Proklamasi Naibaho; Ketua Seksi Organisasi David Swayana serta Ketua Seksi Hukum dan HAM Josmarlin Tambunan. (ril/red)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS