Medan

Ketua Dekranasda Kota Medan Hadiri HUT ke-44 Dekranas di Solo

107
×

Ketua Dekranasda Kota Medan Hadiri HUT ke-44 Dekranas di Solo

Sebarkan artikel ini
Ketua Dekranasda Kota Medan Hadiri HUT ke-44 Dekranas di Solo
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Medan, 16/5 (Batakpost.com) – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan, Ny. Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution, menghadiri peringatan HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang diselenggarakan di Hotel Alila, Kota Solo. Acara ini berlangsung mulai 15 hingga 18 Mei 2024 dan dibuka secara resmi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo selaku Pembina Dekranas.

Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng oleh Iriana Joko Widodo. Potongan tumpeng kemudian diserahkan kepada Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin, disaksikan oleh Ketua Harian Dekranas Tri Suswati, seluruh anggota OASE Kabinet Indonesia Maju, serta Ketua Dekranasda Provinsi, Kabupaten, dan Kota se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Iriana Joko Widodo mengucapkan selamat ulang tahun ke-44 kepada Dekranas. “Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya secara resmi membuka Dekranas Expo 2024,” ucapnya.

Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin, dalam sambutannya menyatakan bahwa Dekranas telah menjadi salah satu pilar utama dalam mengembangkan potensi industri kerajinan di Indonesia selama 44 tahun terakhir. “Perjalanan yang panjang ini penuh dengan tantangan dan juga prestasi yang membanggakan. Produk kerajinan kita telah menjadi pusat perhatian dan mendapat pengakuan di tingkat nasional dan internasional,” ungkap Wury.

Wury menjelaskan bahwa prestasi ini tidak lepas dari peran perajin, desainer, media, pelaku usaha mikro kecil menengah, dan pemerintah yang telah mengangkat produk-produk Indonesia ke panggung dunia. Saat ini, imbuhnya, sedang terjadi gejolak ekonomi global yang harus dihadapi sebagai tantangan untuk berkolaborasi dan beradaptasi. “Gejolak global saat ini tidak hanya menjadi ujian, tapi juga peluang untuk merespons dengan kreativitas dan keuletan. Kita harus terus mengembangkan keterampilan, menjaga kualitas produk, dan memperluas jaringan pasar tidak hanya dalam negeri tetapi juga mancanegara,” paparnya.

Selain itu, Wury juga menekankan pentingnya memperhatikan keberlanjutan lingkungan, kesejahteraan, dan regenerasi. “Dengan memperhatikan hal tersebut, diharapkan Dekranas dapat menjaga warisan bangsa,” harapnya.

Perayaan HUT Dekranas ke-44 ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti pembukaan pameran expo, parade mobil hias, dan kirab budaya. Parade mobil hias ini menghadirkan ratusan mobil hias yang menelusuri jalanan sejauh 2,3 kilometer sehingga meraih Rekor MURI. Selain itu, ada juga pameran produk unggulan dari setiap daerah dan pelatihan bagi para perajin.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Benny Sinomba Siregar; Kadis Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, Benny Iskandar Nasution; pengurus Dekranasda Kota Medan; serta istri dari unsur Forkopimda Kota Medan yang mendampingi Ny. Kahiyang Ayu.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300