Berita UtamaTapanuli Tengah

Kepala UPT Ketenagakerjaan Wilayah VI Launching Rumah Edukasi Pekerja/Buruh Sibolga-Tapteng

713
×

Kepala UPT Ketenagakerjaan Wilayah VI Launching Rumah Edukasi Pekerja/Buruh Sibolga-Tapteng

Sebarkan artikel ini
Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Ketenagakerjaan Wilayah VI Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara, Bangun Nauli Hutagalung, SH., MH bersama Ketua DPC F Serbundo Tapteng dan anggota foto bersama usai acara Launching Rumah Edukasi Pekerja/Buruh Sibolga-Tapteng, Rabu (5/7/2023). (Batakpost.com/Jasgul)
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Tapteng, 5/7 (Batakpost.com)- Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Ketenagakerjaan Wilayah VI Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara, Bangun Nauli Hutagalung, SH., MH melaunching Rumah Edukasi Pekerja/Buruh wilayah Sibolga-Tapanuli Tengah, pada Rabu (5/7/2023) di Jalan St. Z. Tampubulon, Kelurahan Aek Tolang Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Kehadiran Rumah Edukasi Pekerja/Buruh ini merupakan kolaborasi antara UPT Ketenagakerjaan Wilayah VI Disnaker Sumut dengan DPC F Serikat Buruh Perkebunan Indonesia (Serbundo) Kabupaten Tapanuli Tengah, dan juga didukung oleh BPJS Ketenagakerjaan Kota Sibolga.

Dalam sambutannya Bangun Nauli Hutagalung menyampaikan, Rumah Edukasi itu dibentuk dengan latar belakang luasnya wilayah UPT Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah VI Disnaker Provsu yang terdiri dari Kota Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan Kepulauan Nias.

Untuk mengurus luasnya wilayah kerja tersebut, saat ini tenaga pengawasan ketenagkerjaan masih 1 orang yang ditempatkan, sehingga berdampak kepada tingginya pelanggaran norma ketenagakerjaan, sebab pengusaha memandang pekerja/buruh adalah kaum termarginalkan. Dan yang lebih penting dari hal tersebut, kenyataanya bahwa pemahaman pekerja/buruh atas hak-hak normatif sesuai dengan Undang-undang ketenagkerjaan tidak mereka (buruh/pekerja) pahami.

“Melihat Tupoksi Unit Pelaksa Tenis Pengawasan Ketenagakerjaan yang salah satunya adalah penyelenggaraan pengawasan ketenagakerjaan melalui pembinaan, pemeriksaan, pengujian dan penyidikan tindak pidana ketenagakerjaan, kami bersama dengan DPC F Serbundo telah sepaham dan sepakat merancang suatu inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh melalui pendidikan nonformal dalam suatu wadah yang kami sebut Rumah Edukasi Pekerja/Buru Sibolga-Tapteng sebagai wujud Tupoksi kami dalam kegiatan pembinaan kepada pekerja/buruh,” ujar Kepala UPT Bangun Hutagalung.

Baca juga di kesempatan…

banner 325x300