Lintas Sumut

Kenduri Ajak Masyarakat Binjai Peduli Terhadap Ancaman Terorisme

168
×

Kenduri Ajak Masyarakat Binjai Peduli Terhadap Ancaman Terorisme

Sebarkan artikel ini
Kenduri Ajak Masyarakat Binjai Peduli Terhadap Ancaman Terorisme
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Binjai, 14/9 (Batakpost.com) – Kaban Kesbangpol Kota Binjai, Drs. Ruslianto, M.Pd, mewakili Wali Kota Binjai, menghadiri acara “Kenali dan Peduli Lingkungan Sendiri” (Kenduri) yang diselenggarakan oleh Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera Utara. Acara ini berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Cengkeh Turi pada Rabu (13/09/2023).

Dalam sambutannya, Kaban Kesbangpol Kota Binjai menyatakan bahwa Pemerintah Kota Binjai mendukung segala upaya dalam mencegah radikalisme dan terorisme. Namun, ia juga menekankan bahwa upaya pencegahan ini memerlukan keterlibatan dari berbagai pihak agar hasilnya bisa lebih optimal.

“Kami percaya bahwa ‘Kenali dan Peduli Lingkungan Sendiri’ atau Kenduri adalah strategi yang efektif karena melibatkan masyarakat dalam mengenali tetangga mereka. Hal ini merupakan langkah deteksi dini yang penting untuk mencegah kemungkinan munculnya kasus terorisme dan radikalisme,” jelas Ruslianto. Ia juga meminta para Camat dan Lurah untuk mengaktifkan kembali peraturan tamu wajib lapor dalam waktu 24 jam di wilayah masing-masing. Langkah ini bertujuan untuk memastikan identitas pendatang atau warga baru yang jelas serta mengetahui tujuan kedatangan mereka.

Kasi Pengaman Lingkungan Pemerintah BNPT Pusat, Adityas Pranowo, menyampaikan bahwa terorisme bukan hanya merenggut nyawa, tetapi juga dapat menghancurkan perekonomian, seperti yang terjadi dalam tragedi Bom Bali yang merusak ekonomi Indonesia. Ia menegaskan bahwa bangsa Indonesia memiliki kearifan lokal yang menjadi pertahanan terhadap ancaman terorisme. “Penanganan dan penanggulangan terorisme bukanlah tanggung jawab satu organisasi tertentu, melainkan tugas kita sebagai masyarakat,” tambahnya.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua Panitia (Ketua FKPT Sumut) Dr. Ishaq Ibrahim, MA, narasumber seperti Mantan Ketua FKPT Sumut Dr. H. Edi Sofyan, MAP, serta sejumlah tokoh masyarakat dan agama dari Kota Binjai. Kehadiran berbagai unsur ini menunjukkan keseriusan dalam upaya menjaga keamanan dan mencegah ancaman terorisme di wilayah ini.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300