EkonomiGaya HidupLintas SumutSibolgaTapanuli Tengah

Kementerian Perdagangan akan Ekspor Ulos dan Kain Tenun Sibolga

361
×

Kementerian Perdagangan akan Ekspor Ulos dan Kain Tenun Sibolga

Sebarkan artikel ini
Fashion Show kain tenun dan ulos di acara Sibolga Expo 2019. (batakpost.com/HAT)
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Sibolga, 27/3 (Batakpost.com)-Keberadaan ulos dan kain tenun yang ada Provinsi Sumatera Utara menjadi ciri khas yang semakin dikenal dan diminati masyarakat luas. Bahkan dunia Internasional sudah mulai melirik keindahan kain tenun asal Sumatera Utara ini. Untuk itulah Kementerian Perdagangan siap mempromosikan dan mengekspor ulos ke negara-negara yang sudah ada peminatnya.

“Saat ini keberadaan ulos sudah semakin ngetren. Model dan coraknya sudah banyak yang meminati, tidak seperti waktu lalu yang konsumennya masih terbatas dan dari kalangan tertentu. Tapi saat ini sudah semakin banyak peminat dan inovasinya, bahkan sudah seperti kain batik. Kita dari Kementerian akan bantu promosikan dan mengekspor ulos dan kain tenun dari Sibolga ke beberapa negara yang sudah berminat,” ungkap Kemendag RI Enggartiasto Lukita sewaktu menyaksikan hasil tenun ulos yang dipamerkan pada acara Sibolga Expo 2019, Selasa (26/3).

Fashion Show Kain Tenun Ulos. (batakpost.com/HAT)

Diungkapkannya, sewaktu ada pameran kain tenun di Jakarta setahun lalu yang dihadiri oleh Presiden Jokowi, kain ulos dari Sumatera Utara menjadi pilihan Presiden dan Ibu negara.

“Kebetulan kami bersama Pak Presiden dan Ibu sama-sama menyaksikan hasil pameran kain tenun di Jakarta. Ternyata Pak Presiden terlena melihat kain ulos dari Sumatera Utara dan membelinya. Artinya, keberadaan ulos dari Sumatera Utara ini sudah semakin diminati dan harus di kembangkan,” imbuhnya.

Sebelumnya saat malam pembukaan Sibolga Expo 2019, Senin (25/3), Ketua TP PKK Sibolga Delmeria memamerkan keindahan kain ulos yang dibalut dengan desain yang indah dalam tajuk fashion show ulos dan kain tenun. Masyarakat sangat antusias serta memuji keindahan desain ulos yang inovatif tanpa menghilangkan identitas budayanya. (RED)

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan