Medan

Gotong Royong Peduli Deli Bersihkan Sungai Deli di Medan

194
×

Gotong Royong Peduli Deli Bersihkan Sungai Deli di Medan

Sebarkan artikel ini
Gotong Royong Peduli Deli Bersihkan Sungai Deli di Medan
Example 300x600

Medan, 4/10 (Batakpost.com) – Semangat gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan terus menggelora di Kota Medan, dengan aksi “Peduli Deli” yang fokus pada pembersihan sungai Deli. Pada Rabu (4/10/2023), aksi bersih-bersih sungai ini dilakukan sepanjang aliran sungai Deli, mulai dari jalan Palang Merah hingga jalan Multatuli.

Pemandangan yang memukau terlihat saat petugas gabungan dari Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan), Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Darat (TNI-AD), dan Badan Wilayah Sungai Sumatera II (BWSS II) bekerja bahu-membahu membersihkan lereng kiri dan kanan sungai Deli dari pepohonan dan semak belukar yang menghalangi aliran air.

Sebelum memulai pembersihan, para petugas gabungan berkumpul untuk apel bersama di jalan Mangkubumi. Apel tersebut dipimpin oleh Camat Medan Kota, Raja Ian Andos Lubis.

Dalam arahannya, Raja Ian menjelaskan bahwa gotong royong hari ini adalah kelanjutan dari upaya pembersihan sebelumnya yang telah dilakukan. Dia menyatakan, “Hari ini kita melanjutkan kembali gotong royong pembersihan sungai Deli. Nanti sore, setelah selesai, masing-masing koordinator akan melaporkan sejauh mana pembersihan telah dilakukan.”

Raja Ian juga memberikan pesan kepada para petugas agar tetap kompak dan menjaga keselamatan diri selama melaksanakan kegiatan gotong royong ini. “Tetap kompak dan jaga keselamatan diri saat bertugas,” ujarnya.

Setelah menerima arahan, seluruh petugas disebar ke sejumlah titik yang telah ditentukan, salah satunya adalah di Kelurahan Hamdan. Dengan menggunakan chainsaw dan parang, petugas berusaha memotong pohon bambu yang batang dan rantingnya telah menjulang ke tengah sungai. Selain itu, petugas juga membersihkan sampah-sampah yang berserakan di pinggiran sungai.

Proses gotong royong ini berlangsung dengan efektif hingga sore hari, tanpa adanya kendala yang signifikan. Aksi “Peduli Deli” ini menjadi bukti nyata semangat gotong royong dan kepedulian masyarakat Medan terhadap lingkungan dan kebersihan sungai Deli yang merupakan aset berharga kota ini. Semoga upaya ini akan terus berlanjut dan menginspirasi aksi serupa di tempat lain.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS