Samosir

Forum Group Discussion Penetapan Kebijakan Daerah Mengenai Penanaman Modal Digelar di Samosir

109
×

Forum Group Discussion Penetapan Kebijakan Daerah Mengenai Penanaman Modal Digelar di Samosir

Sebarkan artikel ini
Forum Group Discussion Penetapan Kebijakan Daerah Mengenai Penanaman Modal Digelar di Samosir
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 2/7 (Batakpost.com) – Asisten II Hotraja Sitanggang, ST, MM, mewakili Bupati Samosir, membuka Forum Group Discussion (FGD) yang bertujuan untuk menetapkan kebijakan daerah mengenai pemberian fasilitas/insentif dan kemudahan penanaman modal. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu di Aula Kantor Bupati Samosir.

Kegiatan ini merupakan bagian dari proses penyusunan kebijakan daerah yang bertujuan untuk menarik minat investor ke Kabupaten Samosir.

“Melalui forum ini, kita akan menyusun naskah akademik sebagai instrumen untuk dituangkan dalam Peraturan Daerah, sehingga dapat meningkatkan daya tarik investasi di daerah ini,” kata Kadis PMPTSP Kabupaten Samosir, Pilippi Simarmata.

Forum ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai stakeholder, termasuk SAB, para Asisten, dan pimpinan OPD teknis terkait perizinan dan penanaman modal. Narasumber dalam acara ini adalah Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU, Dr. Paidi Hidayat, SE, M.Si.

Hotraja Sitanggang, dalam sambutannya, menjelaskan pentingnya mempercepat dan memperluas investasi di Samosir dengan memberikan kemudahan-kemudahan bagi para investor. Dia juga menyoroti pentingnya kejelasan terkait sertifikat lahan untuk mendukung proses investasi.

“Tahun 2023 hingga 2024, pertumbuhan investasi di Samosir mencapai 26,54%, yang didominasi oleh sektor pariwisata. Ini menunjukkan potensi besar yang dimiliki Samosir,” ujarnya.

Selanjutnya, Dr. Paidi Hidayat menjelaskan rancangan naskah akademik mengenai pemberian fasilitas/insentif dan kemudahan penanaman modal di Samosir, sesuai dengan ketentuan UU No 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal.

“Kabupaten/Kota perlu menawarkan profil peluang investasi yang jelas untuk menarik minat investor. Hal ini penting agar investor mengetahui peluang-peluang yang tersedia di Samosir,” kata Dr. Paidi.

Acara ini diharapkan dapat merumuskan berbagai peluang yang memberi fasilitas dan kemudahan bagi investor, sekaligus berkontribusi terhadap kemandirian APBD Samosir.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300