Medan

Dinas SDABMBK Pemko Medan Bangun Saluran Drainase Baru untuk Atasi Genangan Air di Jalan Zainul Arifin

127
×

Dinas SDABMBK Pemko Medan Bangun Saluran Drainase Baru untuk Atasi Genangan Air di Jalan Zainul Arifin

Sebarkan artikel ini
Dinas SDABMBK Pemko Medan Bangun Saluran Drainase Baru untuk Atasi Genangan Air di Jalan Zainul Arifin
Example 300x600

Medan, 3/10 (Batakpost.com) – Untuk mengatasi masalah genangan air yang sering terjadi di kawasan jalan Zainul Arifin, Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Sumber Daya Air, Bangunan, Masyarakat Berbasis Kepentingan (SDABMBK) akan membangun saluran drainase baru di jalan Teuku Umar. Saluran drainase baru ini akan memiliki panjang sekitar 337 meter dan akan dipasang dengan u-ditch berukuran 80×80 centimeter.

Pada Selasa, 3 Oktober 2023, alat berat jenis breaker terlihat sedang melakukan pencacahan atau penghancuran jalur yang akan digunakan sebagai saluran drainase baru. Setelah tahap ini selesai, jalur tersebut akan dikeruk untuk materialnya dan kemudian dilanjutkan dengan proses pemasangan u-ditch. Proyek ini diperkirakan akan selesai dalam waktu 30 hari.

Kepala Dinas SDABMBK, Topan Obaja Putra Ginting, menjelaskan bahwa jalan Zainul Arifin sering mengalami genangan air, terutama saat hujan turun dengan intensitas tinggi. Sebagai bagian dari upaya dalam mewujudkan program prioritas Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yaitu Medan bebas banjir, Dinas SDABMBK akan membangun saluran drainase baru di jalan Teuku Umar.

“Kita akan membangun saluran drainase baru di jalan Teuku Umar untuk mengatasi genangan air di kawasan jalan Zainul Arifin. Hingga saat ini, di jalan Teuku Umar hanya terdapat satu jalur saluran drainase, dan dengan tambahan jalur drainase baru ini, akan ada dua jalur saluran di jalan tersebut,” kata Topan.

Topan juga menjelaskan bahwa mereka telah melakukan penghancuran jalur yang akan digunakan untuk saluran drainase baru, termasuk penebangan pohon yang berada di jalur tersebut. Setelah tahap ini selesai, mereka akan melakukan pengerukan dan pemasangan u-ditch.

“Kami memilih membangun saluran drainase baru di jalan Teuku Umar karena setelah kami mengevaluasi, titik terendah genangan air di jalan Zainul Arifin terletak di persimpangan jalan Teuku Umar. Hari ini kami telah menyelesaikan penghancuran jalur saluran drainase, dan besok kami akan melakukan pengerukan,” jelas Topan.

Topan menambahkan bahwa setelah saluran drainase di jalan Teuku Umar selesai, genangan air di jalan Zainul Arifin akan dialirkan ke jalan kejaksaan dan selanjutnya akan dialirkan ke sungai Babura.

“Sebelum memulai proyek ini, kami telah berkoordinasi dengan pihak Utilitas agar pengerjaan berjalan lancar dan tidak ada hambatan. Kami berharap masyarakat dapat mendukung proyek pembangunan saluran drainase ini dan memaklumi jika ada sedikit gangguan dalam rutinitas sehari-hari selama proses pengerjaan,” ungkap Topan.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS