Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Berita UtamaNasional

Dewan Pers: Ada 7 Pemberitaan yang Dilaporkan ke Dewan Pers Terkait Pemilu

284
×

Dewan Pers: Ada 7 Pemberitaan yang Dilaporkan ke Dewan Pers Terkait Pemilu

Sebarkan artikel ini
Ketua Dewan Pers Nini Rayahu (satu dari kanan) bersama dengan Menteri Dalam Negeri Tito pada acara Konvensi Nasional Media Massa. Dalam kegiatan ini Ketua Dewan Pers menyampaikan bahwa ada 7 berita yang dilaporkan ke Dewan Pers dalam Pemilu 2024. (Batakpost.com/Jasgul)
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Jakarta, 19/2 (Batakpost.com)– Ketua Dewan Pers Nini Rayahu menyampaikan ada 7 pemberitaan yang dilaporkan ke Dewan Pers terkait Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Nini pada acara Konvensi Nasional Media Massa yang dilangsungkan di Aula Candi Bentar Putri Duyung, Ancol, Jakarta, Senin (19/2/2024).

“Dewan Pers ada menerima 7 pengaduan terkait pemberitaan Pemilu 2024. Lima sudah selesai, dua lagi masih dalam proses,” ungkapnya.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Ada pun pemberitaan yang dilaporkan itu terkait seseorang yang ikut berkompetisi dalam Pemilu di daerah yang mengungkit masalah kasus korupsi. Sehingga yang bersangkutan keberatan dengan pemberitaan tersebut apalagi dipublikasikan disaat yang bersangkutan menjadi kontestasi Pemilu 2024 dan tidak melakukan konfirmasi.

Dalam sengketa pemberitaan yang sampai ke Dewan Pers kata Nini, Dewan Pers selalu mengingatkan wartawan agar dalam membuat berita itu harus berimbang dan mematuhi kode etik jurnalistik. Kalau mengambil informasi dari media sosial, wartawan harus melakukan cross check atau konfirmasi.

Acara Konvensi Nasional Media Massa yang digelar oleh PWI Pusat ini dibuka secara resmi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, yang dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan dua Wakil Menteri, Ketua Umum PWI Pusat, Ketua Dewan Pers dan peserta HPN 2024. (Jasgul)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS