Lintas Sumut

Dekranas Usung Wisata dan Budaya Langkat pada HUT ke-44 di Solo

111
×

Dekranas Usung Wisata dan Budaya Langkat pada HUT ke-44 di Solo

Sebarkan artikel ini
Dekranas Usung Wisata dan Budaya Langkat pada HUT ke-44 di Solo
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Langkat, 16/5 (Batakpost.com) – Dalam upaya memperkenalkan wisata dan budaya Kabupaten Langkat pada event nasional HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Pj Bupati Langkat berharap kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Kabupaten Langkat.

Dekranas menggelar parade mobil hias, kriya, dan budaya yang dimulai dari Stadion Sriwedari sampai Balai Kota Solo pada Rabu (15/5/2024). Peserta dari 38 provinsi memadati Jl Slamet Riyadi dengan 102 kendaraan mobil hias yang menampilkan potensi daerah masing-masing. Mobil-mobil hias ini akan dinilai, dan pemenangnya akan menerima piala dari Ibu Negara.

Provinsi Sumatera Utara diwakili oleh empat daerah: Dekranasda Provinsi Sumut, Dekranasda Kota Medan, Dekranasda Kabupaten Langkat, dan Dekranasda Kabupaten Padang Lawas. Kabupaten Langkat menyiapkan satu unit mobil hias dengan tema wisata religi Masjid Azizi dan Rumah Suluk Tuan Guru Babussalam, serta alam wisata Bukit Lawang dan Tangkahan.

Parade ini menempuh jarak 2,3 kilometer, dimulai pukul 14.00 WIB, dan dilepas oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Defile peserta terdiri dari 2.000 orang mengenakan busana adat, diikuti mobil peserta lomba, dan pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari berbagai daerah.

Dekranas juga menampilkan mobil angklung, musik, dan mobil Rajamala, melibatkan 150 penari dan pemusik, serta menyuguhkan budaya kriya dan kerajinan yang menjadi tontonan akbar masyarakat. Tema yang diusung adalah “Tumbuh Bersama Memajukan Budaya Warisan Bangsa”, dengan menggandeng 11 kementerian untuk mengaplikasikan program pemerintah kepada para perajin di seluruh Indonesia.

Faisal Hasrimy berharap Dekranas bisa membantu pemerintah meningkatkan ekonomi, khususnya sektor kerajinan nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia. “Dekranas membawahi Dekranasda provinsi di mana istri kepala daerah atau pendamping kepala daerah membantu para perajin secara langsung,” ujarnya.

Sebelum parade mobil hias, Dekranas melaksanakan syukuran dan pembukaan Expo HUT Dekranas di Alila Hotel Solo, dihadiri Ketua Dekranasda Kabupaten Langkat Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy dan Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Langkat Ny. Rina Amril.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri puncak acara HUT ke-44 Dekranas di Solo, Jawa Tengah, dan menyapa peserta yang berjumlah sekitar 1.500 orang. Kehadiran Iriana diharapkan dapat memotivasi para perajin untuk terus berkembang dan memajukan kriya nusantara yang berdaya saing, meningkatkan kesejahteraan, dan kemandirian para perajin.

Berikut rangkaian kegiatan HUT ke-44 Dekranas di Solo:

Syukuran dan pembukaan Expo HUT Dekranas di Alila Hotel Solo, Rabu (15/5/2024).
Parade mobil hias, kriya, dan budaya Dekranas di Stadion Sriwedari – Balai Kota Solo, Rabu (15/5/2024).

Peragaan busana kain nusantara di Taman Sriwedari, Solo, Rabu (15/5/2024).
Expo produk UMKM binaan Dekranas dan Dekranasda di Pamedan Pura Mangkunegaran, Rabu – Sabtu (15-18/5/2024).
Malam puncak HUT Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga di Pamedan Pura Mangkunegaran, Kamis (16/5/2024).
City tour di Kota Solo, Jumat (17/5/2024).

Acara penutupan HUT Dekranas di Pamedan Pura Mangkunegaran, Sabtu (18/5/2024).(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300