Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Lintas Sumut

Dandim 0206 Dairi Pimpin Peringatan Hari Ibu ke-95, Bupati Sampaikan Pesan Keseimbangan Gender

209
×

Dandim 0206 Dairi Pimpin Peringatan Hari Ibu ke-95, Bupati Sampaikan Pesan Keseimbangan Gender

Sebarkan artikel ini
Dandim 0206 Dairi Pimpin Peringatan Hari Ibu ke-95, Bupati Sampaikan Pesan Keseimbangan Gender
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Dairi, 22/12 (Batakpost.com) – Dandim 0206 Dairi, Goklas Pirtahan Silaban, menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Ibu ke-95 di Kabupaten Dairi, yang dilaksanakan di halaman kantor bupati Dairi pada Jumat (22/12/2023).

Upacara dimulai dengan pembacaan sejarah singkat lahirnya Hari Ibu oleh Ketua TP PKK Kabupaten Dairi, Romy Mariani Eddy Berutu. Dalam sambutannya, Dandim 0206 Dairi membacakan amanat Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Dalam amanatnya, Bupati Eddy menyampaikan bahwa peringatan Hari Ibu memiliki sejarah panjang, di mana Hari Ibu yang diperingati di Indonesia tidak sama dengan hari ibu di luar negeri. Peringatan ini, menurut Bupati, adalah bentuk sejarah untuk mengingat kiprah perempuan dalam sejarah perjuangan dan kemerdekaan bangsa, terutama lewat Kongres Perempuan pada 22 Desember 1928.

“Peringatan Hari Ibu di Indonesia menandakan bahwa perempuan Indonesia menjadi subjek otonom, bukti bahwa negara ini sadar Indonesia tidak akan mencapai tujuan kemerdekaan dan pembangunan selama perempuan termarginalkan,” katanya.

Bupati Eddy menekankan bahwa hingga saat ini, kesetaraan gender masih menjadi masalah besar yang terus diperjuangkan. Mindset dan cultureset yang menghambat perempuan untuk tampil di depan menjadi tantangan eksternal dan internal yang harus dibenahi.

“Sesuai tema Hari Ibu Nasional, ‘Perempuan Berdaya Indonesia Maju’, ini menjadi langkah Indonesia bahwa kemerdekaan dan pembangunan tidak lepas dari peran perempuan. Perempuan yang berdaya adalah keniscayaan. Mari meningkatkan peran perempuan bagi sesama dan diri sendiri. Selamat Hari Ibu bagi seluruh perempuan di Indonesia, demi perempuan yang berdaya untuk Indonesia maju,” pungkasnya.

Upacara peringatan Hari Ibu ini dihadiri oleh unsur forkopimda, para pimpinan OPD, dan instansi lainnya. Turut serta dalam upacara ini adalah para ASN, TNI-Polri, perwakilan siswa SD-SMA, serta undangan lainnya.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS