Bupati Tapteng Serahkan Bantuan Perikanan Rp 2,6 M dan Bantuan Pertanian Combine Harvester Rp 421 Juta kepada Masyarakat

Pandan, 27/4 (Batakpost.com)- Selain menyerahkan bantuan Rp1 miliar kepada abang becak, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani juga menyerahkan bantuan Perikanan senilai Rp2,6 miliar yang diterima para kelompok nelayan yang ada di Tapanuli Tengah, Senin (25/4).

Bantuan yang diserahkan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,5 miliar dan APBD Pemkab Tapteng sebesar Rp 1,1 miliar melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Adapun bantuan yang diberikan berupa saranan dan prasarana budidaya/pembesaran ikan laut, seperti keramba jaringan apung. Kemudian, bantuan sarana dan prasarana produksi pakan mandiri seperti mesin pencetak pakan.

Ada juga bantuan sarana budi daya ikan tawar berupa paranet/waring, Hi blow, kakaban, tangguk dan timbangan.

BACA JUGA: Baru Dimasa Kepemimpinan Bupati Bakhtiar 515 RTLH Dibangun di Tapteng

Selain itu, bantuan induk ikan air tawar seperti nila, ikan mas gurami dan lele, untuk pembudidayaan juga diberikan.

Tidak ketinggalan bantuan sarana bioflog untuk pembudidaya ikan air tawar berupa bioflog, keranjang, pelet, tangguk dan terpal ditambah bantuan sarana pendukung kegiatan penangkapan ikan berupa fish finder, coolbox dan lampu panel surya juga diberikan Bupati.

Mesin kapal (genset) untuk perahu/kapal penangkapan ikan lebih kecil dari 5 GT beserta perlengkapannya juga diberikan dan juga mesin kapal perikanan ukuran 13 PK.

Bantuan alat penangkapan ikan ramah lingkungan seperti jaringan ikan aso-aso dan kepiting juga diberikan.

Bupati Bakhtiar bersama Wakil Bupati Darwin saat menyerahkan bantunan kepada kelompok tani. (Batakpost.com/red)

Selain bantuan kepada nelayan, Bupati juga menyerahkan bantuan pertanian berupa Combine harvester yang berasal dari DAK senilai Rp 421.930.000. Bantuan benih sumber bagi penangkar berupa benih bawang merah dan benih padi sawah di IPDMIP juga diberikan Bupati.

Adapun tujuan bantuan pertanian tersebut kata Bakhtiar, untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mata pencaharian masyarakat perdesaan melalui peningkatan nilai pertanian beririgasi secara berkelanjutan.

Sementara sasaran yang hendak dicapai dengan bantuan tersebut yakni, peningkatan ketahanan pangan, sumber daya manusia (SDM), produktivitas dan layanan pertanian dan peningkatan pendapatan pertanian, jasa keuangan serta kesetaraan gender.

Turut mendampingi Bupati menyerahkan bantuan, Wakil Bupati Darwin Sitompul, Wakil Ketua DPRD Tapteng, Willy Sahputra Silitonga, Sekdakab Tapteng, Yetty Sembiring, dan para pimpinan OPD Tapteng. (red)