Samosir

Bupati Samosir Serahkan Hewan Qurban untuk Umat Muslim Menyambut Idul Adha 1445 H

128
×

Bupati Samosir Serahkan Hewan Qurban untuk Umat Muslim Menyambut Idul Adha 1445 H

Sebarkan artikel ini
Bupati Samosir Serahkan Hewan Qurban untuk Umat Muslim Menyambut Idul Adha 1445 H
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 13/6 (Batakpost.com) – Menyambut perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2024, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Samosir, menggelar penyerahan Hewan Qurban kepada umat muslim di wilayah tersebut. Acara ini dilaksanakan di Masjid Al-Hasanah Pangururan pada tanggal 13 Juni, dengan tujuan untuk memastikan bahwa semua umat muslim di Kabupaten Samosir dapat merayakan Idul Adha dengan khidmat dan berkah.

Hewan Qurban diserahkan melalui tujuh masjid yang tersebar di Kabupaten Samosir, diterima langsung oleh Badan Kemakmuran Masjid (BKM) masing-masing. Hadir dalam acara tersebut antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Marudut Tua Sitinjak, Asisten I Tunggul Sinaga, Kepala Bagian Operasi (Kabag OPS) Polres Samosir Hasan, serta perwakilan dari Kejaksaan Negeri dan Kantor Kementerian Agama setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Vandiko T. Gultom menyatakan bahwa pemberian Hewan Qurban merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Samosir terhadap umat muslim di daerahnya. Ia juga mengajak seluruh umat muslim untuk menjaga keharmonisan antar umat beragama di Kabupaten Samosir serta meningkatkan amal ibadah.

“Tahun ini, saya secara pribadi juga menyumbangkan satu ekor kambing untuk masjid yang belum terdaftar sebagai penerima. Semoga qurban yang kami berikan menjadi amal baik dan bermanfaat bagi umat muslim,” ujar Vandiko.

Lebih lanjut, Bupati Vandiko mengungkapkan keprihatinannya terkait kekurangan guru agama di Kabupaten Samosir, baik untuk agama Islam maupun agama Kristen dan Katolik. Ia berjanji akan mencari solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut demi kesejahteraan rohani anak didik di daerahnya.

Ketua MUI Kabupaten Samosir, Ustad Erwansyah, menyambut baik kerjasama yang terjalin antara Pemkab Samosir dan MUI dalam penyelenggaraan program qurban setiap tahunnya. Ia mengucapkan terima kasih atas perhatian Bupati Samosir dan berharap agar kerjasama ini tetap berlanjut untuk kebaikan umat muslim di Kabupaten Samosir.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan BKM se-Kabupaten Samosir, Sultan Herman Hutagalung, menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan oleh Pemkab Samosir. Ia juga mengajukan permohonan untuk penambahan guru agama Islam di sekolah-sekolah sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama di daerah tersebut.

Acara penyerahan Hewan Qurban ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antar umat muslim serta memperkuat semangat berbagi dan kepedulian sosial di Kabupaten Samosir menjelang Hari Raya Idul Adha.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300