Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Samosir

Bupati Samosir Serahkan 2 Unit Combine Harvester Besar untuk Peningkatan Produksi Padi

160
×

Bupati Samosir Serahkan 2 Unit Combine Harvester Besar untuk Peningkatan Produksi Padi

Sebarkan artikel ini
Bupati Samosir Serahkan 2 Unit Combine Harvester Besar untuk Peningkatan Produksi Padi
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 29/12 (Batakpost.com) – Dalam rangka mendorong peningkatan produksi tanaman pangan, khususnya padi, Bupati Samosir, Vandiko, menyerahkan 2 unit Combine Harvester Besar kepada petani di Desa Sitinjak pada tanggal 28 Desember. Bantuan ini merupakan hasil sinergitas dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian dan diserahkan langsung kepada Ketua Kelompok Tani Mawar Jaya Desa Sitinjak dan Ketua Kelompok Bersama Desa Pangaloan.

Bupati Vandiko berharap alat pertanian dengan teknologi canggih ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para petani. Dia menekankan pentingnya pemahaman tentang cara kerja alat, semangat belajar, dan pengelolaan yang baik agar alat dapat berfungsi optimal dalam jangka waktu yang lama.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


“Saya tidak mau mendengar barangnya hanya milik ketua kelompok tani, tidak bisa dipakai karena tidak ada operasional. Kalau saya temukan alat ini tidak bekerja maksimal dan tidak bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi, apalagi disalahgunakan maka akan saya tarik,” tegas Vandiko.

Bupati juga mengingatkan agar bantuan alat pertanian ini betul-betul dimanfaatkan untuk kepentingan seluruh anggota kelompok. Dengan adanya alat ini, diharapkan luas lahan dapat ditingkatkan dan pola tanam dapat diatur secara serentak untuk meningkatkan hasil panen.

Kepala Dinas Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom, menjelaskan bahwa bantuan diberikan kepada Kelompok Tani Bersama dan Mawar Jaya karena keduanya memiliki luas lahan yang mencukupi, yakni 979 ha dan 295 ha, serta didukung oleh ketersediaan pompa air. Tumiur berharap produksi tanaman pangan padi dapat dilakukan dua kali bertanam dan satu kali jagung.

Ketua Kelompok Tani Mawar Jaya, Robento Sitinjak, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Samosir atas perhatian yang diberikan. “Bantuan ini sebagai kado Natal terbesar bagi kelompok kami. Semoga Kabupaten Samosir semakin jaya,” ujar Robento penuh semangat.

Acara penyerahan bantuan juga dihadiri oleh Pabung 0210 TU, G. Sebayang, Kepala Desa Pangaloan, Sekretaris Desa Sitinjak, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, pimpinan OPD, dan kelompok penerima bantuan.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS