Bupati Samosir Puji Program KPw BI Sibolga

Samosir94 Dilihat

Samosir, 7/7 (Batakpost.com)- Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) dengan tajuk “Tortor Digifest 2022” yang dipusatkan di Creative Hub Samosir selama dua hari, 5-6 Juli 2022 oleh Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Sibolga, resmi ditutup, Rabu (6/7/2022) malam

Penutupannya dilakukan oleh Bupati Samosir, Vandiko Gultom, yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkab Samosir, Tetty Naibaho.

Pada acara penutupan itu, Tetty menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada BI Sibolga yang telah memilih Kabupaten Samosir sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Tortor Digifest 2022.

Diungkapkannya, keberadaan even Tortor Digifest 2022 BI Sibolga di Samosir telah turut mendukung Destinasi Pariwisata Samosir yang dijuluki selama ini sebagai “Negeri Indah Kepingan Surga” dan sebagai “UNESCO Global Geo Park”.

“Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia Sibolga yang telah turut mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Samosir ini. Salah satunya dengan kegiatan launching Desa Wisata baru, yaitu Desa Partungkoan Naginjang yang berada di Kecamatan Harian pada bulan lalu, dengan objek wisata Toga Raja. Di mana bukit Toga Raja ini memiliki ketinggian sekitar 1.800 meter, dan dari sana dapat dilihat keindahan bukit Sibeabea dan Siarubung. Dan Bank Indonesia Sibolga telah menggelar kegiatan Tortor Digital Camp pada tanggal 30 Juni-1 Juli 2022,” katanya.

Baca Juga:  Pengurus IWO Sibolga-Tapteng Dikukuhkan

BACA JUGA: KPw BI Sibolga Serahkan 200 Buku Edukasi Rupiah ke Perpustakaan Keliling Pemkap Samosir

Tetty juga memuji even Tortor Digifest 2022 BI Sibolga di Samosir, karena selain untuk mempromosikan dan meningkatkan alat pembayaran digital berupa QRIS, dan pariwisata Samosir, kegiatan-kegiatan lomba yang diadakan dalam even Tortor Digifest 2022 mencirikan budaya Samosir dan meningkatkan minat warga sekitar dalam mengikuti berbagai even tersebut.

Dia pun berkeyakinan kegiatan yang digelar oleh BI Sibolga akan mampu mendongkrak kreativitas anak-anak muda Samosir, khususnya yang berada di komunitas Creative Hub Pantai Indah Situngkir, Samosir, yang sedang berkembang.

“BI Sibolga memang hebat! Sukses selalu kepada BI Sibolga dalam membangkitkan ekonomi. Dan saya harap, UMKM-UMKM yang ada untuk mulai mempopulerkan sistem pembayaran dengan menggunakan QRIS. Apalagi kemarin sudah banyak pembelajaran terkait digitalisasi,” kata Tetty.

Malam penutupan Tortor Digifest 2022 BI Sibolga ini dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sibolga, Aswin Kosotali, dan Manager Unit Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran BI Sibolga, Rudianto, Kapolres Samosir, AKBP Josua Tampubolon, Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga dan undangan lainnya.

Baca Juga:  Jaga Spirit Inflasi di Daerah, BI Sibolga Berikan Bibit Cabai Merah Untuk 6 Kelompok Pedagang Pasar
Para pemenang lomba Fashipn Show Anak dan Remaja dengan konstum Ulos Batak dipadukan dengan sistem pembayaran digital yang diselenggarakan KPw BI Sibolga dalam kegiatan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) dengan tajuk “Tortor Digifest 2022” yang dipusatkan di Creative Hub Samosir selama dua hari, 5-6 Juli 2022. (Batakpost.com/HAT)

Kegiatan ini pun semakin meriah dengan penampilan artis Jun Munthe dan artis-arti lokal lainnya. Pada malam penutupan ini, juga diumumkan para pemenang dari berbagai lomba yang diselenggarakan selama dua hari.

BACA JUGA: Fashion Show Nuansa Ulos Batak Bertemakan Digital Payment Sukses Digelar

Berikut Para Pemenang Lomba

Untuk Lomba Karya Tulis Jurnalistik :

Juara I diraih Sahat Jason Gultom (www.batakpos.com)

Juara II diraih Damayanti (ninnanews.com)

Juara III Jhonny WP Simatupang (Medanmerdeka.com).

Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa :

Juara I diraih Irma Rizki Aulia (Universitas Islam Negeri Syuhada Padangsidimpuan)

Juara II  diraih Sartika Sahnur (Universitas Islam Negeri Syuhada Padangsidimpuan)

Juara III diriah Sri Melinda (Universitas Islam Negeri Syuhada Padangsidimpuan)

Lomba Mewarnai Tingkat TK :

Juara I Dibitar Simbolon

Juara II Rebecca Sianipar

Juara III Audri Nataliina Simarmata

Lomba mewarnai tingkat SD Kelas 1-3 :

Baca Juga:  Setelah Vakum 16 Tahun , Group Opera Silindung Lahir Kembali

Juara I Marta Simbolon

Juara II Keysia A Sitohang

Juara III Keilon Sipangkar

Lomba Menggambar Tingkat SD Kelas 4-6 :

Juara I Regina Tinambunan SDN Pardomuan 1

Juara II Albian Megayana Putra

Juara III Zelin Sitanggang SDN Pardomuan 1

Lomba Rank1 Tingkat SMA :

Juara I Mayut Sitanggang

Juara II Goklas Tua tamba

Juara III Ketrine Simbolon

Lomba Rank1 Tingkat Guru :

Juara I Apriani Sitanggang

Juara II Riama Sihotang

Juara III Riolan Sagala

Lomba Stand Terbaik Digifest 2022 :

Juara I PT Bank Sumut

Juara II UMKM Binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Samosir

Juara III Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Samosir.

BACA JUGA: 3 Kabupaten di Sumut Terima Penghargaan Initiative Award dari Bank Indonesia

Sebelumnya, acara ini dibuka secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno yang disaksikan secara virtual oleh Anggota DPR-RI Sihar Sitorus, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kadis Pariwisata Provinsi Sumatera Utara. Dan juga dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Doddy Zulverdi, Kepala Perwakilan BI Sibolga, Aswin Kosotali, Bupati Samosir Vandiko Gultom, Bupati Toba Poltak Sitorus dan Bupati Tapanuli Selatan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan BI Sibolga terhadap flagship BI dengan tujuan sebagai wadah peningkatan percepatan akseptansi transaksi digital serta upaya BI untuk meningkatkan awareness dan pengetahuan pemerintah daerah (Pemda), masyarakat, serta pelaku usaha untuk menghadapi tantangan dan kondisi ekonomi, bisnis di era masa depan. (HAT)