Samosir

Bupati Samosir Pimpin Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-78

151
×

Bupati Samosir Pimpin Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-78

Sebarkan artikel ini
Bupati Samosir Pimpin Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-78
Example 300x600

Samosir, 27/11 (Batakpost.com) – Bupati Samosir, Vandiko T Gultom, memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional yang juga dirangkai dengan perayaan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-78 tingkat Kabupaten Samosir. Acara ini berlangsung di tanah lapang Kecamatan Pangururan pada Senin (27/11) dengan mengusung tema “Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju” dan “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”.

Upacara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh, termasuk Wakapolres Samosir, Danramil 03/Pangururan, para Asisten, para Pimpinan SKPD, Camat, dan Ketua PGRI Kabupaten Samosir.

Dalam sambutan peringatan Hari Guru Nasional, Bupati Samosir membacakan sambutan Mendikbud Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim. Mendikbud menyampaikan optimisme bahwa semua pendidik di Indonesia akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar. Dia mencatat bahwa ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru semakin luas dengan adanya platform Merdeka Mengajar. Jutaan guru kini saling terhubung, belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Mendikbud juga mengumumkan terobosan besar melalui peluncuran Pendidikan Guru Penggerak. Program ini bertujuan mendorong lahirnya generasi baru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata dalam dunia pendidikan.

Di akhir sambutannya, Mendikbud menegaskan bahwa Hari Guru Nasional tahun ini menjadi penanda kesatuan tekad untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia. Dia mengajak semua pihak untuk merayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, mewujudkan gerakan Merdeka Belajar.

Dalam rangkaian HUT PGRI ke-78, Bupati Samosir memberikan apresiasi kepada para guru sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi mereka sebagai tenaga pengajar. “Saya berharap agar kita terus mendampingi siswa/siswi untuk memberikan pelajaran yang tulus ikhlas, tidak henti-hentinya memberikan pendidikan kepada siswa/siswi untuk meningkatkan SDM di wilayah Kabupaten Samosir,” ujar Bupati.

Sementara itu, Ketua PGRI Kabupaten Samosir, Ruminsar Sinaga, menyampaikan sejarah berdirinya PGRI setelah 100 hari Indonesia merdeka pada tanggal 25 November 1945. PGRI, sebagai organisasi guru di seluruh Indonesia, menunjukkan profesi sebagai pengajar dan menjadi mitra strategis pemerintah dalam membangun bangsa melalui sektor pendidikan. Ruminsar berharap perhatian lebih kepada guru honor, yang masih banyak yang belum terangkat menjadi P3K.

Dalam acara tersebut, Bupati Samosir menyematkan pin tanda jasa kepada perwakilan guru dan memberikan penghargaan berupa sertifikat dalam beberapa kategori prestasi, antara lain capaian tertinggi penggunaan platform Merdeka Mengajar, aktivasi akun belajar.ID, nilai tertinggi rapor pendidikan, komunitas belajar paling aktif pada Merdeka Mengajar, sekolah penggerak Kabupaten Samosir, peserta terbaik pada apresiasi GTK tingkat Provinsi Sumatera Utara 2023, peserta terbaik pada GTK tingkat Kabupaten Samosir, lomba kompetensi guru, dan kegiatan turnamen bola voli tingkat Kabupaten Samosir.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS