Samosir

Bupati Samosir Hadiri Pelantikan Ketua DPC PSB, Dorong Persatuan dan Pembangunan Daerah

129
×

Bupati Samosir Hadiri Pelantikan Ketua DPC PSB, Dorong Persatuan dan Pembangunan Daerah

Sebarkan artikel ini
Bupati Samosir Hadiri Pelantikan Ketua DPC PSB, Dorong Persatuan dan Pembangunan Daerah
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 8/6 (Batakpost.com) – Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menghadiri acara pelantikan Ketua DPC Punguan Sitohang dohot Boruna (PSB) Samosir yang berlangsung di Komplek Tugu PSB Desa Parsaoran Urat pada 8 Juni 2024. Dalam acara tersebut, Bupati Vandiko berharap PSB, khususnya DPC PSB Samosir, untuk menjaga kesatuan, saling menolong, dan bekerja sama dalam setiap situasi.

“Mari dukung ketua yang baru terpilih dengan segala programnya. Saya yakin Punguan Sitohang dohot Boruna kompak dan dapat menjaga kesatuan. Atas nama Pemkab Samosir, saya mengucapkan selamat kepada ketua DPC terpilih dan terima kasih kepada seluruh Punguan Sitohang yang sudah mengundang saya,” kata Bupati Vandiko.

Ketua DPC PSB Samosir terpilih, Kchrismas Sitohang, memberikan ulos kepada Bupati Samosir sebagai tanda penghargaan atas kehadiran dan dukungannya dalam acara tersebut.

Di hadapan seluruh anggota PSB Samosir dan perwakilan dari daerah lainnya, Bupati Vandiko menegaskan bahwa pemerintah selalu hadir untuk melayani masyarakat, termasuk melalui organisasi marga seperti PSB. “Tugas melayani masyarakat melekat pada pemerintah, kami siap untuk membantu karena pemerintah tugasnya melayani masyarakat,” ucap Vandiko.

Bupati Vandiko juga menyampaikan bahwa Pemkab Samosir telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat meskipun dengan keterbatasan anggaran. Sinergi dengan pemerintah provinsi dan pusat memungkinkan pelaksanaan berbagai proyek strategis seperti Tano Ponggol dan Waterfront Pangururan. “Berkat sinergi yang baik, pembangunan infrastruktur sangat masif dan bisa dirasakan masyarakat saat ini. Pemkab Samosir mampu mengeksekusi pembangunan jembatan Tano Ponggol yang dulunya belum bisa tuntas dan Waterfront yang menjadi wajah baru Kabupaten Samosir saat ini,” ungkap Vandiko.

Dalam masa kepemimpinannya yang dimulai saat pandemi Covid-19, Vandiko tetap berusaha menjalankan program terutama untuk kebutuhan air bersih. Dalam dua tahun terakhir, Pemkab Samosir telah membangun dan mengembangkan jaringan SPAM di Simanindo, Pangururan, dan Hatoguan, menambah tiga jaringan baru dari sebelumnya hanya dua.

Vandiko mengungkapkan bahwa jumlah jaringan SPAM tersebut masih kurang, namun ia terus melakukan lobby ke pemerintah pusat untuk mendapatkan anggaran tambahan. “Pembangunan jaringan air bersih membutuhkan anggaran ratusan miliar, saya terus mengetuk pintu pemerintah atasan, dan puji Tuhan melalui Kementerian PUTR, Bappenas, dan Menkomarvest, proposal sekitar 200 M lebih akan diberikan dan mudah-mudahan tahun depan dapat terlaksana,” terang Vandiko.

Selain itu, melalui Provinsi Sumatera Utara, telah dibangun pompa air tenaga surya di Desa Rianiate dan Nainggolan pada tahun 2023, serta di Desa Sinaga Uruk Pandiangan tahun ini. Di bidang kesehatan, Kabupaten Samosir menerima penghargaan UHC atas tercapainya jaminan kesehatan BPJS bagi 99 persen masyarakat, yang kini bisa berobat hanya dengan menggunakan KTP. “Sekitar 14 M kami berikan untuk kesehatan masyarakat. Kalau masyarakat tidak sehat, tentu tidak dapat bekerja maka harus dijamin dulu kesehatannya,” kata Vandiko.

DPW PSB Sumut, MH. Franciskus Sitohang, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Samosir pada pelantikan DPC Samosir. Ia menyatakan bahwa PSB akan berperan dan ambil bagian dalam mensejahterakan masyarakat Samosir.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Pabung 0210 TU G. Sebayang, Sekdakab Samosir Marudut Tua Sitinjak, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, dan beberapa pimpinan OPD lainnya.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300