Samosir

Festival Solu Bolon Horas Samosir Fiesta 2024 Berakhir, Bupati Samosir Serahkan Piala dan Medali

151
×

Festival Solu Bolon Horas Samosir Fiesta 2024 Berakhir, Bupati Samosir Serahkan Piala dan Medali

Sebarkan artikel ini
Festival Solu Bolon Horas Samosir Fiesta 2024 Berakhir, Bupati Samosir Serahkan Piala dan Medali
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 8/6 (Batakpost.com)– Festival Solu Bolon yang menjadi rangkaian acara Horas Samosir Fiesta 2024 resmi berakhir dengan penyerahan piala dan medali kepada para pemenang oleh Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom, di Water Front Pangururan pada 8 Juni 2024.

Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi kepada nelayan, Pemkab Samosir juga mengadakan acara Solu Parsada-sadaan sebagai side event. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini berlangsung meriah, memberikan hiburan bagi masyarakat dan wisatawan.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berharap agar seluruh peserta, terutama yang berasal dari luar Kabupaten Samosir, dapat mempromosikan keindahan alam Samosir. “Selamat kepada peserta yang berhasil juara, mari promosikan hal-hal yang baik di medsos supaya orang tahu keindahan Samosir dan semakin banyak yang datang,” ucap Vandiko.

Vandiko juga menyatakan bahwa Festival Solu Bolon akan kembali digelar tahun depan sebagai event tahunan untuk melestarikan warisan leluhur suku Batak dan memperkenalkan olahraga tradisional tersebut di tingkat nasional maupun internasional. Dia menambahkan bahwa pariwisata Samosir saat ini semakin bergeliat setelah sempat terpuruk akibat Covid-19. “Pariwisata tidak bisa bergerak tanpa event. Dalam mendongkrak perekonomian masyarakat, khususnya UMKM, Pemkab Samosir telah banyak mengadakan event bertaraf nasional dan internasional, terutama sport tourism, yang bersinergi dengan provinsi dan pusat,” kata Vandiko.

Vandiko menambahkan bahwa eksekusi program infrastruktur seperti Tano Ponggol dan Water Front menyebabkan pariwisata Samosir kembali bergeliat. “Saat ini Samosir dipandang sebagai daerah yang sangat berpotensi menyelenggarakan olahraga wisata sport tourism,” tambahnya.

Berikut daftar pemenang Lomba Solu Bolon 2024:
– **Juara I**: Podsi Langkat (Kab. Langkat)
– **Juara II**: Siogung Ogung (Pangururan Kab. Samosir)
– **Juara III**: Podsi Kota Medan (Medan)
– **Juara IV**: Tim Dayung Baribani Aek (Taput)

Untuk Solu Parsada-sadaan, para pemenangnya adalah:
– **Juara I**: Sahat Sinaga
– **Juara II**: Agung Sitohang
– **Juara III**: Benson Rumahorbo
– **Juara Harapan IV**: Darwin Simarmata
– **Juara Harapan II**: Harapan Sinurat
– **Juara Harapan III**: Faisal Simanjorang

Kadis Kebudayaan Pariwisata Samosir, Tetty Naibaho, menyampaikan bahwa Festival Solu Bolon juga diisi dengan pertunjukan seni dan musik akustik yang dibawakan oleh musisi dari Samosir. “Ayo sama-sama memajukan budaya, jangan tinggalkan warisan budaya leluhur kita,” kata Tetty Naibaho.

Acara ini turut dihadiri oleh Sekdakab Samosir Marudut Tua Sitinjak, Kapolsek Pangururan, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, dan beberapa pimpinan OPD lainnya.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300