Bupati Nikson Serahkan Rp 200 Juta Dana Hibah Untuk Pembangunan GKPI Tarutung Kota

Tapanuli Utara126 Dilihat

Tarutung, 21/8 (Batakpost.com)- Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, M.Si didampingi Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat, Sekda Indra Simaremare, menyerahkan dana hibah Pemkab Taput sebesar Rp 200 juta kepada Panitia Pembangunan GKPI Tarutung Kota, Tapanuli Utara, Minggu (21/8/2022).

Selain menyerahkan dana hibah, Nikson  juga menyerahkan Rp 50 juta bantuan dari Keluarga Besar Op Halasan boru Sihombing untuk pembangunan GKPI Tarutung Kota.

Acara Pesta Pembangunan GKPI Tarutung Kota ini diawali dengan Kebaktian yang di pimpin oleh Pdt. Abdul Hutauruk, M.Th yang merupakan Bishop GKPI.

Dalam kesempatan itu Bupati Taput memberikan bimbingan dan arahan dengan menjelaskan bahwa Tapanuli Utara ini terdiri dari 15 Kecamatan, 241 Desa dan 11 Kelurahan yang masih terdapat desa/dusun terisolir dengan kondisi jalan masi setapak dan tidak dialiri listrik.

Baca Juga:  Nikson Gandeng Telkomsat Hadirkan Internet di Desa Terisolir

“Saya juga perlu beritahukan apa yang g sudah saya kerjakan selama ini membangun Tapanuli Utara,” ujarnya.

Dulu nya kata Bupati, banyak desa di Taput yang belum merdeka dengan kondisi jalam setapak dan tidak dialiri listrik termasuk di daerah Tarutung tepatnya di Dusun Pangguan, Desa Hutapea Banuarea.Dan sekarang masyarakat sudah menikmati PLN, katanya.

Dia juga menambahkan, di awal kepemimpinannya tahun 2015,  Pemkab Taput membeli alat berat Excavator 4 unit, Weloder 1 Unit, Buldozer 1 unit, Excavator Mini 1 Unit, Breker, untuk dapat digunakan membuka jalan-jalan terisolir dusun/desa Tapanuli Utara.

BACA JUGA: Lima Ribuan Masyarakat Ramaikan Jalan Santai Partai NasDem Sibolga-Tapteng

“Saya membeli alat berat ini hingga saya berpikir untuk menuntaskan desa/dusun yang terisolir. Karena skala prioritas pembangunan di masa kami ini adalah infrastruktur jalan dan jembatan.

Baca Juga:  Bupati Taput Konsisten Jalankan "Jumat Bersih" melalui Gotong-royong dan PHBS

Sekarang alat berat itu sudah digunanakan untuk membuka jalan, memperlebar jalan, mengolah lahan tidur menjadi produktif,” tambah Bupati.

“Saya juga memperjuangkan desa/dusun yang tidak teraliri listrik untuk kepentingan masyarakat. Dan sejak tahun 2017 sampai saat ini telah terbangun energize jaringan listrik di 57 titik desa/dusun dant inggal 35 titik lagi itu pun akan kita tuntaskan dengan secepatnya,” janji Nikson.

Di akhir arahannya Bupati menyampaikan, bahwa semua pihak harus bergandengan tangan membangun Tapanuli Utara

“Saya memohon doa serta dukungan dari masyarakat untuk diberikan hikmah kepada saya untuk membangun Tapanuli Utara,” pintanya.

Baca Juga:  Balai Besar Jalan Nasional Lakukan Pelebaran Jalan di Siborongborong

Pimpinan Sinode Bishop GKPI Pdt Abdul Hutauruk, M.Th memberikan menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian dan  perhatian Bupati dan keluarga dalam penggalangan dana untuk pembangunan Gereja GKPI Jemaat Khusus Tarutung Kota.

“Saya mewakili jemaat GKPI mendoakan Bapak Bupati beserta Keluarga besar Op Halasan agar diberikan Tuhan kesehatan dan hikmah untuk membangun Tapanuli Utara,” ujar Bishop.

Turut ikut mendampingi Bupati Kadis PMD Donny Simamora, Kesbangpol Tony Simangunsong, Kadis Sosial Bahal Simanjuntak, Kadis Pendidikan Bontor Hutasoit, Kadis Bkkbn Donna Situmeang, Kepala Bappeda Luhut Aritonang, Kasatpol PP Rudi Sitorus, Kabag Prokopim David Nainggolan, Kabag Kesra Doni Simamora, Kabag Hukum Welly Simanjuntak, dan Kabag Pembangunan Junjungan Silaban. (ril/Jas)