Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Aslab

Bupati Asahan H Surya Bsc Ikuti Deklarasi Pemilu Damai dan Penandatanganan Kesepakatan Pendanaan Bersama Pilkada Serentak 2024

124
×

Bupati Asahan H Surya Bsc Ikuti Deklarasi Pemilu Damai dan Penandatanganan Kesepakatan Pendanaan Bersama Pilkada Serentak 2024

Sebarkan artikel ini
Bupati Asahan H Surya Bsc Ikuti Deklarasi Pemilu Damai dan Penandatanganan Kesepakatan Pendanaan Bersama Pilkada Serentak 2024
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Asahan, 27/9 (Batakpost.com) – Bupati Asahan, H Surya Bsc, turut hadir dalam acara deklarasi pemilu damai dan penandatanganan kesepakatan pendanaan bersama Pilkada Serentak 2024 yang diadakan di Ballroom, Hotel Grand Mercure, Jalan Sutomo, Medan, pada Rabu, 27 September 2023.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumatera Utara, Ardan Noor, dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menetapkan kesepakatan pendanaan bersama Pilkada Serentak 2024 antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, kabupaten, dan kota. Ardan mengungkapkan bahwa pendanaan bersama ini akan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, menyampaikan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 adalah agenda pesta demokrasi terbesar yang pertama kali dilaksanakan. Ia menekankan potensi kerawanan dalam pemilu ini serta perlu kerja keras semua pihak untuk menjadikannya sukses.

Pj Gubernur menjelaskan bahwa Pemilu 2024 akan menjadi yang terbesar karena selain memilih calon anggota DPD RI, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan Pilpres secara bersamaan, juga akan berlangsung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di seluruh Indonesia pada tahun yang sama, hanya beberapa bulan setelah pencoblosan Pemilu Pileg dan Pilpres.

“Dalam pelaksanaannya akan menghadapi berbagai potensi permasalahan atau kerawanan, mulai dari persiapan kebutuhan/anggaran, data pemilih, distribusi logistik Pemilu, kapasitas dan beban kerja petugas, sampai dengan penetapan calon terpilih,” kata Pj Gubernur.

Hassanudin menegaskan bahwa suksesnya Pemilu tahun 2024 tergantung pada kesiapan pendanaan oleh pemerintah daerah. Dengan upaya dan kerja keras bersama dalam mengantisipasi potensi permasalahan, Pemilu 2024 dapat menjadi pesta demokrasi yang demokratis.

“Melalui kegiatan ini, kami harap dapat meningkatkan sinergitas penyelenggaraan Pemilu 2024, menjaga kondusifitas wilayah, dan menghindari konflik serta pelanggaran, termasuk ujaran kebencian yang berbau fitnah terhadap suku, agama, ras, dan politik uang,” tambah Hassanudin.

Bupati Asahan, H. Surya Bsc, juga menyatakan komitmen pemerintah Kabupaten Asahan dalam hal penganggaran Pemilu 2024 serta memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berdemokrasi. Ia menegaskan pentingnya menjaga iklim demokrasi dan berkompetisi dengan adu program tanpa merendahkan pihak lain.

Turut hadir dalam acara ini Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kajati Sumut Idianto, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Jawari, serta unsur Forkopimda lainnya, para bakal calon anggota DPD RI, Ketua Partai Politik tingkat provinsi, Komisioner KPU dan Bawaslu Sumut, hingga seluruh bupati/walikota se-Sumut.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS