Sepak Bola

Arda Guler Jadi Bintang Kemenangan Turki atas Georgia, Masuk Daftar Elit Pemain Muda

113
×

Arda Guler Jadi Bintang Kemenangan Turki atas Georgia, Masuk Daftar Elit Pemain Muda

Sebarkan artikel ini
Arda Guler Jadi Bintang Kemenangan Turki atas Georgia, Masuk Daftar Elit Pemain Muda
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Jakarta, 18/6 (Batakpost.com) – Arda Guler mencuri perhatian dengan gol sensasionalnya yang membawa kemenangan Turki atas Georgia. Gol tersebut menempatkannya dalam daftar elit pemain muda yang mencetak gol di turnamen besar, termasuk Cristiano Ronaldo.

Guler menjadi starter ketika Turki menghadapi Georgia pada laga pembuka Grup F di BVB Dortmund Stadion, Selasa (18/6/2024) malam WIB. Ini merupakan debut bintang muda Real Madrid tersebut di turnamen besar bersama negaranya.

Ketika 90 menit laga tuntas, Turki menang dengan skor 3-1 lewat gol-gol dari Mert Muldur, Arda Guler, dan Kerem Artekoglu. Sementara Georgia sempat menyamakan skor lewat Georges Mikautadze.

Dua dari tiga gol Turki dibuat dengan cara sensasional, yaitu sepakan dari luar kotak penalti. Salah satunya terjadi pada menit ke-65 dari kaki Guler. Mendapat ruang tembak di jarak 25 yard, Guler langsung melepaskan sepakan kaki kiri yang membuat bola meluncur deras ke pojok kanan atas gawang Georgia.

Gol ini adalah yang kedua bagi Guler dari sembilan penampilannya bersama Turki. Dia pun dinobatkan sebagai man of the match.

Lebih spesial lagi, Guler mensejajarkan diri dengan bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, sebagai pemain muda yang bisa mencetak gol di Euro. Guler yang saat ini berusia 19 tahun 114 hari menjadi pemain termuda yang mencetak gol pada laga debut Piala Eropa, setelah Ronaldo saat menghadapi Yunani pada 2004 dan Ferenc Bene kala Hungaria menghadapi Spanyol pada 1964.

Rekor pencetak gol termuda masih dipegang penyerang Swiss, Johan Vonlanthen, yang mencetak gol saat kalah 1-3 dari Prancis. Setelah Vonlanthen, ada Wayne Rooney (19 tahun 237 hari), Renato Sanches (18 tahun 317 hari), dan Dragan Stojkovic (19 tahun 108 hari).

Untuk laga final, pencetak gol termuda adalah pemain Italia, Pietro Anastasi, yang mencetak gol pada usia 20 tahun 64 hari ketika menjebol gawang Yugoslavia pada 1968.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300