Samosir

Andaliman Endemik Danau Toba Kabupaten Samosir Kini Diekspor ke Luar Negeri

166
×

Andaliman Endemik Danau Toba Kabupaten Samosir Kini Diekspor ke Luar Negeri

Sebarkan artikel ini
Andaliman Endemik Danau Toba Kabupaten Samosir Kini Diekspor ke Luar Negeri
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 10/7 (Batakpost.com) – Pada tanggal 10 Juli 2024, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom secara resmi melepas ekspor andaliman endemik Danau Toba Kabupaten Samosir ke luar negeri. Acara ini ditandai dengan pemukulan gong sebagai simbol suara yang bergema bahwa andaliman Samosir kini telah menembus pasar internasional. Pelepasan dilakukan di Tempat Pengolahan Desa Garoga, Kecamatan Simanindo.

Hadir dalam acara ini Sekretaris Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi DDTT Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Sudrajat, bersama Head Of Environment PT. Astra, Bondan Susilo. Turut serta juga mewakili berbagai instansi dan pihak terkait seperti Kadis Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Koordinator Wilayah Astra Group Medan, serta beberapa kepala dinas dan camat di wilayah tersebut.

Kerjasama pentahelix antara Pemerintah Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Kementerian Desa, dan PT. Astra Internasional Tbk berhasil mengirimkan 770 kg andaliman senilai 475 juta rupiah ke Jerman dan Prancis.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya atas prestasi ini, yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian petani setempat. Beliau menegaskan pentingnya sinergi antarstakeholder dalam pengembangan dan pemasaran produk lokal.

“Dengan keberhasilan ini, andaliman dari Samosir tidak hanya dikenal di Sumatera Utara, tetapi juga mendunia. Kami berharap ini menjadi dorongan bagi petani untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk,” ujar Bupati Vandiko.

Sementara itu, Sudrajat dari Kementerian Desa menekankan pentingnya pembangunan ekonomi desa melalui inisiatif seperti Desa Sejahtera Astra (DSA), yang mendukung pengembangan komoditas unggulan seperti andaliman. Dia juga mengapresiasi kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan swasta dalam mencapai tujuan pembangunan ekonomi lokal.

Head Of Environment PT. Astra, Bondan Susilo, menyatakan bahwa andaliman dari Desa Garoga merupakan salah satu produk unggulan dalam program Desa Sejahtera Astra. Dia berharap untuk terus mengembangkan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Samosir untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal.

Sebagai langkah lanjutan, PT. Astra juga akan fokus pada pengembangan produk pertanian lainnya seperti nanas dan kemiri, sebagai upaya untuk terus mendukung kesejahteraan masyarakat Kabupaten Samosir.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300