3 Langkah Strategi Bank Indonesia Memastikan Kelancaran Sistem Pembayaran Nasional

Sibolga, 21/4 (Batakpost.com)- Bank Indonesia telah menyiapkan tiga langkah strategis guna memastikan kelancaran sistem pembayaran nasional, terutama memfasilitasi kegiatan perekonomian dan kebutuhan masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Bank Indoesia Sibolga, Aswin Kosotali pada acara launching pelayanan penukaran uang pecahan yang bertajuk “Serambi Rupiah Ramadhan Tahun 2022” di pelataran Masjid Agung Sibolga, Selasa (19/4).

Ada pun ketiga langkah strategi itu sebut Aswin:

  1. Menyediakan uang layak edar dalam jumlah yang cukup dan higienis serta layanan penukaran uang di seluruh Indonesia khusus periode Ramadan/Idulfitri 1443H.
  2. Terus mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai, antara lain QRIS, uang elektronik, BI-FAST, dan digital banking, yang dapat meminimalisir kontak fisik dalam bertransaksi.
  3. Melakukan kesiapan sistem dan layanan kritikal BI untuk menjamin keberlangsungan operasional sistem pembayaran yang diselenggarakan BI (tunai dan nontunai) serta sistem pembayaran yang diselenggarakan industri.

“Untuk memenuhi kebutuhan transaksi di masyarakat menjelang Hari Raya Idulfitri 1443H, layanan pembayaran melalui Sistem BI-RTGS, Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) dan SKNBI akan tetap beroperasi kecuali pada periode libur lebaran tanggal 2-3 Mei 2022,” ujarnya.

BACA JUGA: Dinas Kesehatan Sibolga Buka Layanan Vaksin di Lokasi Tempat Penukaran Uang Pecahan

Sekaitan menjelang Idul Fitri, sambung Aswin, BI mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan. Berhemat dan merawat Rupiah guna mendorong kesadaran masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah.

“Hal ini tercermin juga dalam tema Ramadan/Idul fitri yang diusung tahun ini yakni “Serambi Rupiah Ramadan: Belanja Bijak dan Rawat Rupiah”. Tandasnya.

Bank Indonesia juga tidak lupa memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah, Perbankan, POLRI serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dalam mewujudkan kelancaran sistem pembayaran dan peredaran uang di wilayah kerja KPw BI Sibolga. (red)