2 Lagi Anak Tapteng dari SMA Matauli Akan Kuliah di Universitas Terbaik Luar Negeri Jalur Beasiswa

Tapanuli Tengah240 Dilihat

Tapteng, 12/1 (Batakpost.com)- Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran SMA Negeri 1 Matauli Pandan telah mengangkat citra pendidikan masyarakat Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga secara khusus, umumnya Sumatera Utara di kanca nasional bahkan internasional.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya lulusan dari SMA Matauli Pandan diterima kuliah di universitas terbaik yang ada di Indonesia. Bahkan tiga tahun terakhir ini, alumni dari sekolah besutan Jenderal (Purn) Fesial Tandjung dan Dr Akbar Tandjung itu telah dan akan kuliah di universitas terbaik di dunia.

Dari puluhan siswa SMA Matauli yang sudah dan akan berangkat kuliah ke luar negeri, ada 4 orang asli Anak Tapanuli Tengah (Tapteng), yaitu; Henrikus Maja Ericsson Sipahutar warga Kecamatan Pinangsori, dan Grace Sarah Situmeang warga Kecamatan Sarudik. Keduanya sedang mengikuti pendidikan di Bali saat ini sebelum terbang ke luar negeri. Dan dua lagi atas nama Oscar Rizki Pratama Kelas XII IPA 1 dari Kecamatan Tukka, dan Saskia Putri Hamdani Nasution, Kelas XI IPA 9 dari Kelurahan Budi Luhur, Kecamatan Pandan. Keempat Anak Tapteng ini berhasil mendapatkan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Jalur Afirmasi dan Reguler.

Baca Juga:  SMA Matauli Jaring 30 Bibit Unggul dari Tapteng Untuk Dicetak Jadi Juara Nasional dan Kuliah ke Luar Negeri

Kepada media ini Oscar Rizki Pratama mengaku bangga dan senang, karena ia berhasil lulus mendapatkan beasiswa BIM Jalur Reguler. “Ujiannya sangat sulit dan persaingan cukup ketat karena seluruh Indonesia bersaing. Dan setelah mendapatkan hasil, senangnya luar biasa,” kata putra tunggal dari pasangan Wahyono dan Hartati Agustina itu.

Hal serupa juga disampaikan Saskia Putri Hamdani Nasution. Menurut anak pasangan Zufri Hamdani Nasution dan Nanda Handayani Hutagalung itu, ia akan memilih Universitas di Tokyo.

Baca Juga:  PBB PAC Pandan Bersinergi dengan TNI/Polri dan RAPI dalam kegiatan PAM Jumat Agung

“Alhamdulillah, sangat senang bisa mendapatkan beasiswa ini. Mudah-mudahan diberikan kesehatan dan kelancaran hingga nanti berangkat kuliah ke luar negeri,” ucapnya bangga.

Keberhasilan keempat Anak Tapteng ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi SMA Negeri 1 Matauli Pandan, mengingat sekolah ini berdiri di Kabupaten Tapanuli Tengah, tepatnya di Kecamatan Pandan 31 tahun yang lalu. Dan sejak adanya Beasiswa Indonesia Maju (BIM) dari Taman Sains Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Pusat Prestasi Nasional tiga tahun yang lalu, Matauli terus berupaya agar Anak Tapteng ada yang berhasil lulus mendapatkan beasiswa tersebut.

Baca Juga:  Disdik Tapteng Lakukan Pemerataan Guru

Pada angkatan…