Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Berita UtamaBudaya

Ziarah Umum dan Penyambutan Bulan Suci Ramadan 1444 H Pada 101 Tahun Perkumpulan Haholongan di Sibolga

238
×

Ziarah Umum dan Penyambutan Bulan Suci Ramadan 1444 H Pada 101 Tahun Perkumpulan Haholongan di Sibolga

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum Haholongan M. Yusuf Batubara, SKM.,MM saat memberikan arahan. (Doc Haholongan)
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Oleh: Khottob Nasution (Humasy Persatuan Amal Sosial Haholongan Sibolga)

Setiap menjelang bulan suci Ramadan, keluarga besar perantau yang berasal dari Tapanuli Bagian Selatan, mencakup dari Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Palas, Paluta dan Madina yang tergabung dalam Organisasi Persatuan Amal Sosial Haholongan Sibolga-Tapteng menggelar ziarah umum dan tauziah menyambut bulan suci Ramadan 1444 H/2023.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Ziarah umum dan penyambutan bulan suci ini rutin dilakukan sepanjang tahun di lapangan pekuburan Haholongan di setiap tahunnya.

Untuk tahun ini, kegiatan Ziarah Umum dan penyambutan bulan suci Ramadan 1444 H telah dilaksanakan pada hari Minggu 19 Maret 2023 kemarin.

Dari tahun ke tahun peziarah yang hadir terus meningkat. Seperti pada ziarah umum kali ini peserta membludak jauh dari perkiraan panitia. Sekretaris Umum Haholongan Ade Mahligai Putra mengatakan kegiatan yang digelar berlangsung sukses.

“Alhamdulillah berjalan sukses. Sekitar 800 peziarah hadir dalam kegiatan ziarah umum dan penyambutan bulan suci Ramadan 1444 H kali ini,” ucapnya.

Dia pun minta maaf jika panitia mengalami kekurangan dalam penyediaan konsumsi nasi kotak, karena kurang memprediksi peziarah yang meningkat tajam.

Kegiatan ini pun diawali dengan masing-masing keluarga terlebih dahulu melakukan ziarah pada makam keluarganya. Kemudian dilanjutkan dengan Tauziah penyambutan bulan suci Ramadan oleh Ustadz H Ali Umri Batubara dari Padangsidimpuan yang diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Qoriah Ibunda Azizah Lubis, dan dirangkai dengan laporan keuangan tahunan organisasi Haholongan oleh Bendahara Umum Sorimuda Siregar.

Baca acara pun…