Siantar

Wali Kota Siantar Menghadiri Penutupan Rapat Paripurna III DPRD Kota Pematang Siantar Tahun 2023

84
×

Wali Kota Siantar Menghadiri Penutupan Rapat Paripurna III DPRD Kota Pematang Siantar Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Siantar Menghadiri Penutupan Rapat Paripurna III DPRD Kota Pematang Siantar Tahun 2023
Example 300x600

Siantar, 31/7 (Batakpost.com) – Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani SpA, menghadiri acara penutupan Rapat Paripurna III DPRD Kota Pematang Siantar Tahun 2023 yang berlangsung di Gedung Harungguan DPRD Kota Pematang Siantar pada Senin (31/07/2023).

Acara dimulai dengan pembukaan Rapat Paripurna III Tahun 2023 oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pematang Siantar, Ronald Darwin Tampubolon SH. Dilanjutkan dengan penyampaian pendapat akhir fraksi DPRD terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Pematang Siantar tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2022.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan persetujuan bersama antara Wali Kota Pematang Siantar dan DPRD Kota Pematang Siantar terkait Ranperda Kota Pematang Siantar tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2022.

Dr. Susanti dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah berkontribusi dengan tenaga dan pemikiran konstruktif selama proses pembahasan Ranperda, dari Penyampaian Pengantar Nota Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2022 hingga Persetujuan Atas Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2022. Ia menyatakan bahwa hasil dari pembahasan ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan Pemerintah Kota Pematang Siantar di masa mendatang.

Sebagai wali kota perempuan pertama di Pematang Siantar, dr. Susanti menegaskan bahwa pembahasan Ranperda merupakan wujud kepedulian terhadap tugas dan tanggung jawab yang diemban bersama sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hal ini juga merupakan bentuk pengembanan amanah rakyat kepada pemerintah sebagai insan yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pemerintahan di Kota Pematang Siantar.

Dr. Susanti juga menyampaikan terima kasih kepada insan pers dan LSM yang telah ikut serta dan memberikan informasi kepada masyarakat tentang proses pembahasan Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2022.

Dalam menyikapi pendapat, saran, dan rekomendasi hasil rapat DPRD Kota Pematang Siantar, dr. Susanti menyampaikan 14 poin, termasuk di dalamnya tentang Pemko Pematang Siantar yang berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahun 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

“Atas laporan keuangan Pemko Pematang Siantar Tahun 2022, opini WTP yang telah kita capai merupakan upaya seluruh pihak dan juga dukungan DPRD yang terhormat terhadap pelaksanaan pengelolaan keuangan di lingkungan Pemko Pematang Siantar yang dimulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan, sampai ke pelaporan. Menjadi tekad kita bersama untuk tetap mempertahankannya,” ujar dr. Susanti.

Selain itu, dr. Susanti juga menginformasikan tentang progress pembahasan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang melibatkan Tim Penegasan Batas Daerah (PBD) Kota Pematang Siantar dengan Tim PBD Kabupaten Simalungun. Tim telah melakukan peninjauan ke lapangan dan menyepakati batas-batas kecamatan/kelurahan/nagori yang berbatasan melalui sinkronisasi dan harmonisasi batas daerah, yang kemudian dituangkan dalam berita acara.

“Selanjutnya, tapal batas direncanakan akan selesai pada akhir tahun 2023 dan ranperda tentang RTRW akan disampaikan ke DPRD pada awal tahun 2024,” tambah dr. Susanti.

Menyikapi agenda yang harus diselesaikan dalam waktu dekat, termasuk pembahasan KUA dan PPAS P-APBD TA 2023 yang dilanjutkan dengan pembahasan Ranperda P-APBD 2023, dr. Susanti menyampaikan keyakinannya bahwa Pemko Pematang Siantar dapat bersama-sama menuntaskan P-APBD Tahun Anggaran 2023 sebagai bentuk komitmen untuk mengalokasikan anggaran bagi program dan kegiatan prioritas.

Sebelum acara penutupan, seluruh fraksi yang hadir di DPRD Kota Pematang Siantar telah menyetujui Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Pematang Siantar TA 2022 menjadi Peraturan Daerah. Turut hadir dalam acara tersebut para anggota DPRD Kota Pematang Siantar, para asisten dan staf ahli, serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Pematang Siantar.