Medan

Wali Kota Medan Bobby Nasution Sampaikan Tiga Pesan Penting kepada Kepling Sekota Medan

105
×

Wali Kota Medan Bobby Nasution Sampaikan Tiga Pesan Penting kepada Kepling Sekota Medan

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Medan Bobby Nasution Sampaikan Tiga Pesan Penting kepada Kepling Sekota Medan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Kota Medan, 23/5 (Batakpost.com) – Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menyampaikan tiga pesan penting kepada para Kepala Lingkungan (Kepling) Sekota Medan dalam acara Pembinaan Mental, Disiplin, dan Etos Kerja Tahun 2023. Acara tersebut diadakan di Gedung Medan International Convention Centre, Jalan Ringroad Medan, pada hari Selasa (23/5). Dihadiri oleh 2001 kepling, Bobby Nasution memaparkan pentingnya menjaga keamanan, kerukunan, mendukung pemberantasan narkoba, serta mensukseskan lima program prioritas.

Dalam pidatonya, Bobby Nasution mengatakan bahwa keamanan dan kerukunan sangat penting dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045, di mana Indonesia menjadi salah satu kekuatan terbesar di dunia. Bobby Nasution menyebut bahwa menjaga keamanan dan kerukunan harus dimulai dari tingkat lingkungan karena telah terbukti lebih efektif, seperti yang terlihat dalam penanganan pandemi Covid-19.

Wali Kota Medan ini juga meminta kepada kepling untuk tidak menganggap remeh masalah kecil di lingkungan mereka. Terlebih lagi, Medan merupakan kota multikultural dengan warga yang berasal dari berbagai etnis dan agama. Bobby Nasution mengingatkan bahwa masalah sekecil apapun yang menyangkut etnis dan agama harus segera ditangani dan diselesaikan dengan cepat.

Selain itu, Bobby Nasution mengingatkan kepling untuk melakukan pendataan terhadap seluruh warga di lingkungannya. Dengan data yang lengkap, potensi konflik dapat diketahui dan segera dilaporkan kepada petugas Babinsa dan Babhinkantibmas untuk dicarikan solusi bersama. Wali Kota juga menekankan pentingnya melawan penyalahgunaan narkoba di lingkungan masing-masing, mengingat Sumatera Utara menempati peringkat pertama dalam penyalahgunaan narkoba di Indonesia pada tahun 2022.

Pesan terakhir yang disampaikan oleh Bobby Nasution adalah agar kepling mengetahui dan mendukung lima program prioritas yang menjadi fokus utama Pemko Medan. Kelima program tersebut meliputi penanganan kesehatan, kebersihan, perbaikan infrastruktur, penanganan banjir, dan pembenahan kawasan heritage dengan pemberdayaan UMKM.

Acara pembinaan ini turut dihadiri oleh pimpinan perangkat daerah, camat, dan lurah se-Kota Medan. Tiga narasumber, termasuk Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, dan Dandim 0201/Medan Kol Inf Ferry Muzawwad juga memberikan pemaparan mengenai peran kepling dalam menjaga keamanan dan kekondusifan di lingkungan mereka.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Pelabuhan Belawan mengungkapkan bahwa kepling bersama dengan Babinsa dan Bhabinkantibmas telah berhasil membentuk poskamling di setiap lingkungan di Kecamatan Medan Belawan. Langkah ini bertujuan untuk mencegah terjadinya konflik dan tindak kriminal di lingkungan tersebut. Sejak poskamling didirikan, tawuran yang sering terjadi di 4 kelurahan yang rentan telah berhasil diredam. Hal ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara kepling, Babinsa, dan Bhabinkantibmas.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, menyatakan bahwa peran kepling di wilayah hukum Polrestabes Medan sangatlah penting. Ia menyamakan kepling dengan satu tubuh yang harus berjalan bersama. Menurutnya, kepling memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai kondisi lingkungan di sekitarnya, sehingga kerjasama yang erat sangatlah diperlukan untuk mewujudkan Medan yang berkah, maju, dan kondusif.

Sementara itu, Dandim 0201/Medan, Kol Inf Ferry Muzawwad, mengungkapkan bahwa pemerintahan dan ekonomi dapat berjalan dengan baik jika keamanan terjamin. Ia memberikan contoh bahwa kebakaran besar dapat terjadi akibat api kecil, begitu pula dengan masalah besar yang bisa muncul akibat permasalahan kecil. Oleh karena itu, permasalahan kecil di tingkat lingkungan harus segera ditangani untuk mencegah terjadinya masalah yang lebih besar.

Dalam menghadapi tantangan ini, Ferry Muzawwad mengajak kepling, Babinsa, dan Bhabinkantimbas untuk bersama-sama menjaga persatuan agar tidak terjadi kerusuhan. Ia menekankan pentingnya kolaborasi dan menyatakan bahwa jika mereka bersatu, mereka akan menjadi kuat. Dandim juga menegaskan bahwa tidak ada kata takut dan gentar asalkan mereka berada pada jalur yang benar, karena pihaknya siap memberikan dukungan sepenuhnya.

Dengan adanya acara pembinaan ini dan pesan-pesan penting yang disampaikan oleh Wali Kota Medan dan narasumber lainnya, diharapkan para kepling dapat menjalankan tugas mereka dengan baik, menjaga keamanan, kerukunan, serta mendukung program prioritas Pemko Medan. Semoga melalui kerjasama yang kuat antara kepling, Babinsa, dan Bhabinkantibmas, Medan dapat terus berkembang dan menjadi kota yang lebih baik.

banner 325x300