Lintas Sumut

Sulang Silima: Perayaan Keunikan Budaya dalam Silaturahmi dan Pelantikan Pengurus PMMBBI

144
×

Sulang Silima: Perayaan Keunikan Budaya dalam Silaturahmi dan Pelantikan Pengurus PMMBBI

Sebarkan artikel ini
Sulang Silima: Perayaan Keunikan Budaya dalam Silaturahmi dan Pelantikan Pengurus PMMBBI
Example 300x600

Dairi, 17/1 (Batakpost.com) – Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, menekankan pentingnya pelestarian budaya Sulang Silima sebagai bagian dari keunikan budaya masyarakat Indonesia. Hal ini disampaikannya saat menghadiri Silaturahmi dan Pelantikan Pengurus Persatuan Marga Maha Berru Dekket Bre-Brena se-Indonesia (PMMBBI) Periode 2023-2028, yang berlangsung di Gedung Djauli Manik Sidikalang, Rabu (17/1/2024).

Bupati Dairi mengajak marga Maha untuk tidak hanya melestarikan budayanya di daerahnya sendiri, tetapi juga membawanya keluar sebagai kearifan lokal yang perlu diperjuangkan. Ia menjelaskan bahwa marga Maha memiliki peran penting dalam sejarah pembentukan Kabupaten Dairi, baik dalam pemerintahan maupun masuknya ajaran Islam di wilayah tersebut.

“Budaya adalah identitas masyarakat. Bagi kita, ‘marga’ merupakan identitas yang sangat berharga,” ungkap Bupati Dairi. “Dengan adanya silaturahmi akbar dan pelantikan pengurus baru, ini kiranya dapat mengingatkan kita bahwasanya tujuan organisasi ini adalah untuk mengkoordinir atau menghimpun Marga Maha Berru, Bebrena di seluruh Indonesia termasuk di luar negeri.”

Bupati juga menyoroti berbagai pencapaian dan prestasi Pemkab Dairi di bawah kepemimpinannya, seperti meraih WTP Sembilan kali berturut-turut dan penghargaan sebagai kabupaten layak HAM. Ia mengapresiasi kontribusi marga Maha dalam kolaborasi untuk mencapai prestasi tersebut.

“Saya ingin sampaikan persatuan marga Maha yang kita harapkan mampu menjembatani, menyatukan prinsip-prinsip nilai yang kita yakini untuk bisa menyatu dengan nilai hidup masyarakat daerah kita,” tambah Bupati Dairi.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh, termasuk unsur Forkopimda, perwakilan Dandim 0206, Kapolres Dairi, dan berbagai kepala dinas serta ketua organisasi kemasyarakatan. Pelantikan pengurus PMMBBI periode 2023-2028 juga turut menghadirkan ketua umum Rimpun Maha, sekretaris Syahril Maha, dan bendahara Wahidin. Ketua PMMBBI periode 2020-2023, Selamat Bahagia Maha, juga hadir dalam acara ini.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS